MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA 1-10 MELALUI PERMAINAN PIKA (PIRING ANGKA) PADA ANAK KELOMPOK A TK DHARMA WANITA DONO II SENDANG TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Author (Penulis)
SUPARTIN
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.11.0496
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan peneliti pada anak didik kelompok A TK Dharma Wanita Dono II, bahwa dalam proses pembelajaran perkembangan kemampuan mengenal angka, guru tidak menggunakan media atau permainan yang menarik bagi anak didik. Akibatnya anak didik masih sering salah dalam mengenal angka, sehingga kemampuan anak didik dalam mengenal angka menjadi rendah. Permasalahan penelitian ini adalah apakah permainan Pika dapat meningkatkan kemampuan mengenalangka pada anak didik kelompok A TK Dharma Wanita Dono II?Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). dengan subjek penelitian anak didik kelompok A TK Dharma Wanita Dono II yang berjumlah 15 anak.Data yang dikumpulkan adalah data kemampuan mengenal angka dan data pelaksanaan pembelajaran. Teknik pengumpulan datanya adalah unjuk kerja dan observasi.Kesimpulan penelitian ini adalah tindakan pembelajaran melalui permainan Pika dapat meningkatkan kemampuan mengenal angka pada anak didik kelompok A TK Dharma Wanita Dono II. Hal ini dibuktikan dengan ketuntasan belajar mulai dari kegiatan pra-tindakan sampai siklus III yaitu pra-tindakan sebesar 40%, siklus I sebesar 60%, siklus II sebesar 73,3% dan siklus III sebesar 93,3%.