MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGUKUR MENGGUNAKAN MEDIA BENDA ASLI PADA ANAK KELOMPOK B TK DHARMA WANITA SURUHANLOR KECAMATAN BANDUNG KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

KUSBIATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0495P

Abstract

Abstrak KUSBIATI: Meningkatkan Kemampuan Mengukur Menggunakan Media Benda Asli Pada Anak Kelompok B TK Dharma Wanita Suruhanlor Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015, Skripsi, PG PAUD, FKIP UNP Kediri 2015. Kata kunci : kemampuan mengukur, media benda asli. Kemampuan kognitif anak dalam mengukur sangat perlu dikembangkan untuk melatih anak agar dapat meneliti dan cermat dalam mengamati sesuatu untuk kemudian belajar mengenal nilai hasil pengukuran. Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti di TK Dharma Wanita Suruhan Lor Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung pada Kelompok B didapatkan hasil bahwa kemampuan kognitif anak dalam mengukur masih rendah. Rumusan masalah penelitian ini yaitu : “Apakah penggunaan media benda asli dapat meningkatan kemampuan mengukur pada anak kelompok B TK Dharma Wanita Suruhan Lor Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung tahun pelajaran 2014/2015?”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan media benda asli dapat meningkatkan kemampuan mengukur anak kelompok B TK Dharma Wanita Suruhan Lor Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian yang digunakan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sedangkan instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah RKM, RKH, lembar observasi guru dan lembar penilaian unjuk kerja untuk anak. Hasil penelitian yang diperoleh setelah dilakukan Penelitian Tindakan Kelas pada anak kelompok B TK Dharma Wanita Suruhan Lor Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung adalah penggunaan media benda asli dalam pembelajaran terbukti dapat meningkatkan kemampuan mengukur anak. Hasil perhitungan data tentang rat-rata kemampuan kognitif anak dalam mengukur melalui kegiatan dengan menggunakan media benda asli pada siklus 1 sebesar 59,37%, siklus 2 sebesar 73,43%, dengan nilai peningkatan sebesar 14,06% dan siklus 3 sebesar 85,93% dengan nilai peningkatan antara siklus 2 dan siklus 3 sebesar 12,5%. Pada siklus 3 telah didapatkan hasil yang sudah melebihi kriteria ketuntasan minimal yakni 75%. Dari penelitian yang telah dilaksanakan ini, diharapkan semua pihak yang terkait, khususnya guru dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Peningkatan tersebut dapat melalui menggunakan media pembelajaran yang lebih beragam dan inovataif, terutama dalam meningkatan kemampuan mengukur anak, misalnya dengan menggunakan media benda asli.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-06

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI