MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERHITUNG MENGGUNAKAN KARTU ANGKA BERWARNA PADA ANAK KELOMPOK A TK PGRI SURUHAN KIDUL KECAMATAN BANDUNG KABUPATEN TULUNGAGUNG SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
ROBINGATUN
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.11.0493P
Abstract
ABSTRAK
ROBINGATUN, Mengembangkan Kemampuan Berhitung Menggunakan Kartu Angka Berwarna Pada Anak Kelompok A Tk Pgri Suruhan Kidul Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung Semester I Tahun Pelajaran 2014/2015, Skripsi PG PAUD, FKIP UNP Kediri 2015.
Kata Kunci : kemampuan berhitung, kartu angka berwarna
Berdasarkan pengamatan peneliti kemampuan berhitung anak-anak di Taman Kanak-Kanak PGRI Desa Suruhan Kidul Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung masih rendah. Dari 14 anak kelompok A ,60% (8 anak) belum mampu berhitung dan 40% (6 anak) sudah mampu berhitung. Tanda-tanda anak belum mampu berhitung salah satunya bisa dilihat dalam perilaku anak saat kegiatan berhitung dia hanya diam saja dan waktu diminta maju ke depan dia tidak mau atau mau maju tapi diam saja bahkan tidak menjawab, atau ketika diminta menjawab dia menangis.
Permasalahan dalam penelitian ini sebagai berikut : “ Apakah penggunaan media kartu angka berwarna dapat mengembangkan kemampuan berhitung pada anak Kelompok A di Taman Kanak-Kanak PGRI Desa Suruhan Kidul Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung Semester I Tahun Ajaran 2014/2015 ?
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian 14 Anak Kelompok A di Taman Kanak-Kanak PGRI Desa Suruhan Kidul Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung Semester I Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian dilaksanakan dalam tiga seklus, menggunakan instrumen RKM,RKH, lembar observasi guru, dan lembar Penilaian unjuk kerja untuk anak.
kesimpulanhasil penelitian inia adalah bahwapenggunaan mediakartu angka berwarnadalam pembelajaran terbukti dapat mengembangkan kemampuan berhitung pada anak Kelompok A Taman Kanak-Kanak PGRI Desa Suruhan Kidul Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung Semester I Tahun Ajaran 2014/2015 dengan prosentase dari pra tindakan sebesar 51,79%, siklus I sebesar 67,28% dengan nilai peningkatan sebesar 15,49% dan siklus II sebesar 91,08% dengan nilai peningkatan antara siklus I dan siklus II sebesar 33,80%
Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan; (1) Disarankan mampu menyediakan mengenai media pembelajaran yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran, sehingga pembelajaran berlangsung secara efektif, efisien, dan inovatif misalnya media kartu angka berwarna. (2) Hendaknyadalam proses pembelajaran,guru untuk lebih meningkatkan kreativitas dan kemampuan dalam membuat media yang lebih inovatif dan menarik sesuai dengan kebutuhan perkembangan misalnya media kartu angka berwarna. (3) Sebaiknya mengadakan pengulangan materi yang telah diajaran di sekolah dengan menggunakan media kartu angka berwarna. Hal ini dikatakan agar hasil yang diperoleh bisa maksimal.