MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MENGGUNAKAN MEDIA TABUNG KATA KELOMPOK B TK DHARMA WANITA WONOKROMO DESA WONOKROMO KECAMATAN GONDANG KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2014-2015


Author (Penulis)

SRI WIGATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0492P

Abstract

ABSTRAK SRI WIGATI: Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Media Tabung Kata, Kelompok B TK Dharma Wanita Wonokromo Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2014-2015, Skripsi, PG PAUD, FKIP UNP Kediri, 2015 Kata kunci : kemampuan membaca, media tabung kata Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kegiatan pembelajaran membaca permulaan pada Kelompok B TK DharmaWanita Wonokromo Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2014-2015 masih banyak didukung oleh buku-buku penunjang yang dianggap praktis dan sudah menyediakan kegiatan pembelajaran membaca pada anak yang hanya berupa bacaan kata dan kalimat sederhana tanpa adanya gambar yang menunjukkan nama dari kata, kalimat yang dibaca. Sehingga motivasi belajar anak sangat rendah, anak merasa bosan yang pada akhirnya hasil pembelajaran juga rendah. Rumusan permasalahan penelitian ini adalah apakah penggunaan media tabung kata dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok B TK Dharma Wanita Wonokromo Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2014-2015? Penelitian ini mengunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian 16 anak kelompok B TK Dharma Wanita Wonokromo Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2014-2015. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, menggunakan instrument berupa Rencana Kegiatan Mingguan (RKM), Rencana Kegiatan Harian (RKH), lembar observasi guru, dan lembar penilaian unjuk kerja anak dalam kegiatan membaca permulaan. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah: penggunaan media tabung kata terbukti dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak kelompok B Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita Wonokromo Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung Pada Tahun Ajaran 2014-2015. Dengan prosentase dari pra tindakan sebesar 60% siklus I sebesar 68,3% dengan nilai peningkatan sebesar 10% dan siklus II sebesar 83,3% dengan nilai peningkatan antara siklus I dan seklus II sebesar 15,30%. Berdasarkan hasil penelitian ini di sarankan: (1) bagi lembaga dengan menggunakan media tabung kata guru cukup berhasil meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak (2) bagi guru dapat lebih meningkatkan ketrampilan agar pembelajaran semakin menarik (3) sebagai orang tua lebih memperhatikan setiap potensi yang dimiliki anak, tidak hanya potensi akademik saja tetapi juga potensi aktifitas lain.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-07

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI