MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGURUTKAN BILANGAN 1 – 10 MENGGUNAKAN MEDIA WAYANG ANGKA PADA ANAK KELOMPOK A DI TK DHARMA WANITA I BENDO KECAMATAN GONDANG KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

SITI ASIYAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0490P

Abstract

ABSTRAK SITI ASIYAH: Mengembangkan Kemampuan Mengurutkan Bilangan 1 – 10 Menggunakan Media Wayang Angka pada Anak Kelompok A di Tk Dharma Wanita I Bendo Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2014/2015, Skripsi, PGPAUD, FKIP UNP Kediri, 2015 Kata kunci: kemampuan mengurutkan bilangan, wayang angka. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan bahwa dalam kegiatan pembelajaran mengurutkan bilangan 1-10 dengan menggunakan buku penunjang menjadi sebuah rutinitas yang membosankan bagi anak-anak di kelompok A TK Dharma Wanita I Bendo Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung dan menyebabkan kurang termotivasinya anak untuk mengikuti kegiatan tersebut. Hasil yang diperoleh tidak sesuai dengan harapan, kemampuan anak masih lemah, belum tepat dan masih banyak yang terbalik dalam memahami konsep dan mengenal lambang bilangan. Permasalahan penelitian ini adalah: Apakah penggunaan media Wayang Angka dapat mengembangkan kemampuan mengurutkan bilangan 1 – 10 anak Kelompok A TK Dharma Wanita I Bendo Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2014-2015? Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian 28 anak Kelompok A TK Dharma Wanita I Bendo Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, menggunakan instrument berupa Rencana Kegiatan Mingguan (RKM), Rencana Kegiatan Harian (RKH), lembar penilaian unjuk kerja anak dan lembar observasi aktivitas guru. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah penggunaan media wayang angka dalam pembelajaran terbukti dapat mengembangkan kemampuan mengurutkan bilangan 1-10 anak pada anak Kelompok A TK Dharma Wanita I Bendo Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2014-2015. Prosentase rata-rata kemampuan mengurutkan bilangan 1-10 anak pada Pra Tindakan 52,68 %, Siklus I 63,39 %, dan Siklus II 80,36 %. Berdasarkan simpulan penelitian ini, direkomendasikan: penggunaan media wayang angka dalam permainan dapat meningkatkan kemampuan anak mengenal konsep dan lambang bilangan sebagai dasar bagi pengembangan kemampuan matematika. Hendaknya dalam pembelajaran mengurutkan bilangan digunakan media serta permainan yang menarik dan beragam sehingga dapat meningkatkan motivasi dan konsentrasi anak dalam belajar, misalnya menggunakan media wayang angka. Dengan demikian anak akan merasa lebih siap memasuki pendidikan selanjutnya.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-09

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI