MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANGKA 1-10 MENGGUNAKAN MEDIA STICK ANGKA PADA ANAK KELOMPOK A PAUD NGUDI KAWERUH DESA NGREJO KECAMATAN TANGGUNGGUNUNG KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

LENI IRAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0489

Abstract

Program Pendidikan untuk anak merupakan salah satu unsur atau komponen dalam penyelenggaraan pendidikan anak usia dini, keberadaan program ini sangat penting sebab melalui program inilah semua rencana, pelaksanaan, pengembangan, penilaian dikendalikan.Anak memiliki karakteristik tertentu yang khas dan tidak sama dengan orang dewasa, mereka selalu aktif, dinamis, antusias dan ingin tahu terhadap apa yang dilihat, didengar, dirasakan, mereka seolah-olah tak pernah berhenti bereksplorasi dan belajar. Anak bersifat egosentris, memiliki rasa ingin tahu secara alamiah, merupakan makhluk sosial, unik, kaya dengan fantasi, memiliki daya perhatian yang pendek, dan merupakan masa yang paling potensial untuk belajar.Penelitian ini di latar belakangi hasil pengamatan dan pengamatan peneliti, bahwa pembelajaran seringkali kurang menarik bagi anak. Ada beberapa hal yang menyebabkan demikian, diantaranya adalah penyajian yang kurang menarik, dan alat peraga yang minim. Sehingga dalam kegiatan belajar mengajar cenderung membosankan, dan akhirnya kegiatan belajar mengajar terhambat dan kurang maksimal. Permasalahan penelitian ini adalah Apakah dengan Menggunakan Media Batang Stick Mampu Meningkatkan Kemampuan Berhitung Angka 1-10 Pada Anak Kelompok A di PAUD Ngudi Kaweruh Desa Ngrejo Kecamatan Tanggunggunung? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian Anak Kelompok A 20 anak yang terdiri dari 11 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Kesimpulan hasil penelitian adalah dengan menggunakan media batang stick terbukti dapat meningkatkan kemampuan berhitung angka 1-10 pada anak kelompok A .Peningkatan ditandai dengan meningkatnya kemampuan anak dalam membilang atau mengurutkan angka 1-10, dimana pada siklus I prosentase kemampuan anak mencapai 35%, pada siklus II 50% dan pada siklus III 90%.Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini direkomendasikan : 1) Makin baik kualitas pembelajaran guru, makin baik pula hasil belajar anak. 2) hendaknya dalam kegiatan pembelajaran bisa menerapkan media-media yang dapat memotivasi anak, 3) melengapi sarana dan prasarana pembelajaran anak dengan media pembelajaran, 4) menyediakan media permainan yang dapat merangsang kegiatan anak sesuai dengan imajinasi mereka.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-21

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 11 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI