MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK MELALUI SENAM FANTASI PADA KELOMPOK B TK DHARMA WANITA SIDOMULYO KECAMATAN GONDANG KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2014- 2015
Author (Penulis)
ZAHROTUL FAUZIAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.11.0483P
Abstract
ABSTRAK
ZAHROTUL FAUZIAH: Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Senam Fantasi Pada Kelompok B TK Dharma Wanita Sidomulyo Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014-2015, Skripsi, PGPAUD, FKIP UNP Kediri, 2015
Kata kunci: kemampuan motorik kasar, senam fantasi.
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan bahwa kemampuan motorik kasar anak-anak di B TK Dharma Wanita Sidomulyo Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung masih rendah. Terlihat dari fakta bahwa masih banyak anak yang belum terampil melakukan gerakan-gerakan motorik kasar. Rendahnya kemampuan motorik kasar ini disebabkan oleh kurang menariknya pembelajaran yang dilakukan oleh guru sehingga anak-anak tidak bersemangat melakukan gerakan-gerakan motorik kasar. Selain itu orang tua hanya mementingkan pada kegiatan baca tulis dan hitung.
Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah: Apakah penerapan kegiatan senam fantasi dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak kelompok B TK Dharma Wanita Sidomulyo Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2014- 2015?
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek peneltian anak Kelompok B TK Dharma Wanita Sidomulyo Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung yang berjumlah 20 anak. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, menggunakan instrument berupa Rencana Kegiatan Mingguan (RKM), Rencana Kegiatan Harian (RKH), lembar penilaian unjuk kerja anak, dan lembar observasi aktivitas guru.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah penerapan senam fantasi dalam pembelajaran terbukti dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar pada anak Kelompok B TK Dharma Wanita Sidomulyo Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2014-2015. Prosentase rata-rata kemampuan membaca permulaan anak pada Pra Tindakan sebesar 55 %, Siklus I sebesar 68,75 %, Siklus II sebesar 81,25 %.
Berdasarkan simpulan penelitian ini, direkomendasikan: senam fantasi dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak. Dengan demikian anak semangat dan lebih percaya diri dalam melakukan gerakan-gerakan motorik kasar. Jadi hendaknya disediakan berbagai sarana dan prasarana untuk dapat menerapkan senam fantasi dalam pembelajaran.