MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN FISIK MOTORIK HALUS MELALUI VIDIO TUTORIAL ANAK KELOMPOK B TK DHARMA WANITA DAYU 01 KECAMATAN NGLEGOK KABUPATEN BLITAR


Author (Penulis)

Sukartini
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0481P

Abstract

Sukartini : Mengembangkan Kemampuan Fisik Motorik Halus Melalui Media Video Tutorial Anak Kelompok B Tk Dharma Wanita Dayu 01 Kecamatan Nglegok  Kabupaten Blitar, Skripsi, PG-PAUD, FKIP UN PGRI Kediri, 2020. Berdasarkan hasil dari pengamatan pada anak kelompok B di TK Dharma Wanita Dayu 01 telah ditemukan masalah tentang kemampuan motorik halus anak yang masih rendah. Anak kurang berminat dalam melakukan kegiatan yang berhubungan dengan pengembangan motorik halus. Oleh karena itu, penulis menerapkan suatu kegiatan yang menunjang perkembangnya aspek motorik halus yaitu media video tutorial diharapkan penerapan kegiatan melalui media video tutorial dapat mengembangkan kemampuan motorik halus anak. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Model Penelitian Tindakan ini dilakukan dalam 3 siklus yang diambil dari Kemmis dan Taggart. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak didik kelompok B yang berjumlah 16 anak. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar observasi yang berupa pengamatan ketika proses pembelajaran dan dokumentasi berupa foto hasil kegiatan guna diamati dan dinilai, sedangkan dalam teknik penilaian anak menggunakan teknik  unjuk kerja.

Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan kegiatan melalui media video tutorial mearna gradasi dapat mengembangkan kemampuan motorik halus pada anak kelompok B TK Dharma Wanita Dayu 01 Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil persentase ketuntatsan belajar dari pra tindakan sebesar 13,5%, siklus I sebesar 37.5%, siklus II sebesar 62.5%, siklus III sebesar 81,25%.

 

Kata kunci: motorik halus, media video tutorial, mewarna gradasi  


Keyword

a

Reference

Arikunto, Suhardjono, Supardi.          2008. Penelitian Tindakan      Kelas. Jakarta : PT Bumin       Aksara

Fadlillah, Muhammad. 2012   .           Desain Pembelajaran PAUD. Jogjakarta: Ar – ruzz  Media

Suniah. 2017. Meningkatkan   Kemampuan Memahami         Bilangan 1-10 Melalui Permainan Bowling Angka Sederhana Pada Anak            Kelompok Atk Dharma           Wanita Panjer Kecamatan             Plosoklaten Tahun      Pelajaran 2017-2018.             (Online). Tersedia,             http:/eprints.uny.ac.id,            diunduh17 Desember 2019

 


PUBLISHED

2020-02-19

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 05 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI