MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MENGENAL PENJUMLAHAN MELALUI PERMAINAN DADU PADA ANAK DIDIK KELOMPOK B1 TK NEGERI PEMBINA KECAMATAN KAUMAN KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

SRIMULAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0480P

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa dalam proses pembelajaran perkembangan kognitif mengenal penjumlahan, guru tidak menggunakan media atau permainan yang menarik bagi anak didik. Akibatnya anak didik masih sering salah dalam melakukan penjumlahan, sehingga kemampuan kognitif mengenal penjumlahan menjadi rendah. Permasalahan penelitian ini adalah apakah permainan dadu dapat meningkatkan kemampuan mengenal penjumlahan pada anak didik kelompok B1 TK Negeri Pembina Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung semester dua tahun pelajaran 2014/2015? Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak didik kelompok B1 TK Negeri Pembina Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung semester dua tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, satu siklus terdiri dari satu pertemuan, menggunakan Rencana Kerja Mingguan (RKM), Rencana Kerja Harian (RKH) dan lembar observasi aktivitas anak didik dan guru. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah tindakan pembelajaran melalui permainan dadu dapat meningkatkan kemampuan kognitif mengenal penjumlahan pada anak didik kelompok B1 TK Negeri Pembina Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung semester dua tahun pelajaran 2014/2015.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-07

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI