MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MENGENAL PENJUMLAHAN MELALUI PERMAINAN DADU PADA ANAK DIDIK KELOMPOK B1 TK NEGERI PEMBINA KECAMATAN KAUMAN KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
SRIMULAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.11.0480P
Abstract
Penelitian dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa dalam proses pembelajaran perkembangan kognitif mengenal penjumlahan, guru tidak menggunakan media atau permainan yang menarik bagi anak didik. Akibatnya anak didik masih sering salah dalam melakukan penjumlahan, sehingga kemampuan kognitif mengenal penjumlahan menjadi rendah.
Permasalahan penelitian ini adalah apakah permainan dadu dapat meningkatkan kemampuan mengenal penjumlahan pada anak didik kelompok B1 TK Negeri Pembina Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung semester dua tahun pelajaran 2014/2015?
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak didik kelompok B1 TK Negeri Pembina Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung semester dua tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, satu siklus terdiri dari satu pertemuan, menggunakan Rencana Kerja Mingguan (RKM), Rencana Kerja Harian (RKH) dan lembar observasi aktivitas anak didik dan guru.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah tindakan pembelajaran melalui permainan dadu dapat meningkatkan kemampuan kognitif mengenal penjumlahan pada anak didik kelompok B1 TK Negeri Pembina Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung semester dua tahun pelajaran 2014/2015.