MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MEMBILANG 1 – 10 MENGGUNAKAN MEDIA BIJI-BIJIAN DI KELOMPOK A TK DHARMA WANITA SUWARU KECAMATAN BANDUNG KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2014-2015


Author (Penulis)

ISTIANAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0479P

Abstract

Abstrak ISTIANAH : Mengembangkan Kemampuan Membilang 1 – 10 Menggunakan Media Biji-bijian di Kelompok A TK Dharma Wanita Suwaru Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014-2015, Skripsi, PG-PAUD, FKIP UNP Kediri 2015. Kata kunci : Kemampuan Membilang 1-10, Media Biji-bijian. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa kemampuan membilang anak di kelompok A TK Dharma Wanita Suwaru Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014-2015 tergolong masih rendah. Hal ini ditunjukan oleh fakta bahwa dari 16 jumlah anak didik, belum ada anak didik yang mendapat nilai bintang empat, serta 4 anak didik yang mendapat nilai bintang tiga, 8 anak didik mendapat nilai bintang dua, serta 4 anak didik mendapatkan nilai bintang satu. Rendahnya kemampuan menghitung ini disebabkan oleh: (1) belum adanya pemahaman membilang menggunakan objek berupa benda konkret; (2) guru belum menggunakan media pembelajaran yang menarik dan variatif untuk mengembangkan kemampuan membilang anak. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah penggunaan media biji-bijian dalam pembelajaran dapat mengembangkan kemampuan membilang anak kelompok A TK Dharma Wanita Suwaru Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015? Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian yakni 16 anak kelompok A TK Dharma Wanita Suwaru Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, setiap siklusnya terdapat empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini antara lain: RKH, RKM, lembar observasi guru dan lembar penilaian unjuk kerja anak. Hasil penelitian ini yaitu pada siklus I, rata-rata kemampuan membilang 1-10 mencapai hasil persentase 67,2%, siklus II mencapai hasil persentase 76,6%, dan pada siklus III mencapai hasil persentase 87,5%. Dari hasil pencapaian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media biji-bijian dapat meningkatkan kemampuan membilang 1-10 anak kelompok A TK Dharma Wanita Suwaru Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015. Dari penelitian yang telah dilaksanakan ini, diharapkan semua pihak yang terkait, khususnya guru dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Peningkatan tersebut dapat melalui menggunakan media pembelajaran yang lebih beragam dan inovataif, terutama dalam meningkatan kemampuan membilang 1-10, misalnya melalui media biji-bijian.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-07

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI