MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MENGENAL KONSEP BILANGAN 1 - 10 MELALUI PERMAINAN TEROPONG BINTANG PADA ANAK KELOMPOK A4 TK AL AZHAAR BANDUNG KECAMATAN BANDUNG KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

DIJAH LESTARI W
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0477P

Abstract

ABSTRAK Dijah Lestari W: Meningkatkan Kemampuan Kognitif mengenal konsep bilangan 1 – 10 Melalui Permainan Teropong Bintang Pada Anak A4 TK Al Azhaar Bandung Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi: PG PAUD FKIP UNP Kediri,2015 Kata Kunci : kemampuan kognitif, permainan teropong bintang. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, didapat data bahwa dalam kemampuan kognitif dalam mengenal konsep bilangan 1 – 10 belum tuntas. Dari 18 anak yang mendapat nilai bintang 1 (?) terdapat 2 anak karena belum bisa menulis angka 1 – 10, dan 9 anak mendapat bintang 2 (??) karena dalam penulisan angka 1 – 10 masih terbalik. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “ Apakah penerapan permainan teropong bintang dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam mengenal konsep bilangan 1 – 10 pada kelompok A4 TK Al Azhaar Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015?”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan kognitif anak dalam mengenal konsep bilangan 1 -10 pada anak kelompok A4 TK Al Azhaar Bandung sebelum dilakukan tindakan dan setelah dilakukan tindakan melalui permainan teropong bintang. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian Kelompok A4 di TK Al Azhaar Bandung Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung sejumlah 18 anak. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, menggunakan instrumen berupa Rencana Kegiatan Mingguan (RKM), dan Rencana Kegiatan Harian (RKH), lembar observasi anak, lembar observasi guru, lembar penilaian indikator kemampuan kognitif anak. Setelah dilakukan penelitian, dari hasil observasi pada pelaksanaan pembelajaran siklus I, diperoleh data anak yang telah tuntas dalam kemampuan kognitif dalam mengenal konsep bilangan 1 – 10 sebanyak 11 anak.. Pada siklus II diperoleh data, anak yang telah tuntas dalam kemampuan kognitif dalam mengenal konsep bilangan 1 – 10 sebanyak 15 anak. Terjadi peningkatan dari hasil pada siklus I. Hasil pada siklus II telah melebihi ketuntasan minimal sehingga tidak dilakukan pelaksanaan pembelajaran siklus III. Dengan demikian kesimpulan penelitian ini adalah permainan teropong bintang dapat meningkatkan kemampuan kognitif dalam mengenal konsep bilangan 1 – 10 anak kelompok A4 TK Al Azhaar Bandung Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014-2015. Guru sebagai pelaksana pembelajaran harus mendukung terciptanya suasana yang menyenangkan (bermain sambil belajar dan belajar seraya bermain). Permainan teropong bintang dapat digunakan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan kognitif dalam mengenal konsep bilangan 1 -10.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-07

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI