MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MENGENAL KONSEP BILANGAN 1-10 MELALUI PERMAINAN ULAR TANGGA DI KELOMPOK A3 TK AL AZHAAR BANDUNG, TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

RINDRA LAYLIATUS Z
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0476P

Abstract

ABSTRAK RINDRA LAYLIATUS Z., Meningkatan Kemampuan Kognitif Mengenal Konsep Bilangan 1 - 10 Melalui Permainan Ular Tangga Pada Anak Kelompok A3 TK Al Azhaar Bandung Kecamatan Bandung,Kab. Tulungagung. Skripsi PG PAUD, FKIP UNP KEDIRI 2015. Kata kunci : konsep bilangan 1-10,permainan ular tangga anak TK. Mengenal konsep bilangan merupakan pemahaman dasar bagi anak sebelum anak mengenal pembelajaran angka yang lebih rumit. Bagian anak usia 4-5 tahun yang tidak melewati masa pra TK ( Play group/PAUD), belum memiliki kesiapan mental dan pemahaman dasar seperti : membilang 1-10 secara sederhana, mengurutkan 1-10 secara sederhana dan sebagainya. Untuk mengembangkan kemampuan kognitif tersebut diperlukan suatu upaya yang konkret untuk dapat menemukan cara tepat berkenaan dengan pembelajaran bidang pengembangan kognitif anak, khususnya yang berkaitan dengan pengenalan konsep bilangan. Permasalah penelitian ini yaitu : “Apakah Permainan Ular Tangga sebagai upaya meningkatkan kemampuan kognitif anak mengenal konsep bilangan 1 – 10 pada Kelompok A3 Tk Al-Azhaar Bandung Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung dapat meningkatkan kwalitas pembelajaran?” Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan : (1) Memperoleh data tentang kemampuan kognitif anak mengenal konsep bilangan 1 – 10 sebelum dilakukan tindakan.(2) Mengumpulkan data tentang kemampuan kognitif mengenal konsep bilangan 1 – 10 sesudah dilakukan tindakan. (4) Mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan kognitif mengenal konsep bilangan 1 – 10 pada anak antara waktu sebelum dan sesudah dilakukan tindakan. Objek penelitian adalah anak kelompok A3 TK Al Azhaar Bandung yang berjumlah 14 anak. Kerangka pembelajaran yang digunakan adalah Rencana Kergiatan Harian dan karpet ular tangga. Sedangkan instrumen penilaiannya adalah lembar unjuk kerja hasil belajar. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah unjuk kerja. Dalam penelitian ini kemampuan anak dalam mengenal konsep bilangan 1-10 mengalami peningkatan yang signifikan melalui permainan ular tangga. Berdasarkan hasil analisis data penelitian yang diperoleh dari observasi pada anak kelompok A3 TK Al Azhaar Bandung,Tulungagung maka dapat disimpulkan sebagai berikut : (1) Kemampuan guru dalam mengolah pembelajaran secara keseluruhan dapat dikategorikan baik. (2) Melalui kegiatan permainan ular tangga dapat dibuktikan kebenarannya untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI