MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI PERMAINAN BALAP KARUNG PADA ANAK KELOMPOK A1 TK AL-AZHAAR BANDUNG KECAMATAN BANDUNG KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2014-2015


Author (Penulis)

ISTINGADAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0473P

Abstract

Abstrak Istingadah:Meningkatkan Kemampuan Motorik KasarMelaluiPermainanBalapKarung pada Anak Kelompok A1 TK Al Azhaar Bandung Kecamatan Bandung Kabupaten TulungagungTahun pelajaran 2014/2015 Skripsi PG PAUD FKIP UNP Kediri. Kata Kunci : motorik kasar. permainan balap karung Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, didapat data dari 16 anak bahwa 75% masih belum tuntas dalam kemampuan motorikkasar, hal ini dapat dilihat dari nilai bintang1( )terdapat 6 anak karena belum mampubermainbalapkarung, dan 4 anak mendapat bintang 2 ( ) karena bermainbalapkarungtidaksampaigarisfinish.Permainan balap karung dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar pada anak kelompok A1 TKAl Azhaar Bandung Kabupaten Tulungagung pada Permasalahan penelitian ini adalah Apakah penerapan permainan balap karung sebagai upaya meningkatkan kemampuan motorik kasar anak kelompok A1 TK Al Azhaar Bandung Kecamatan Bandung Kabupaten Tulngagung tahun pelajaran 2014/2015? Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian di Tk Al azhaar Bandung ,Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagungsejumlah 16 anak. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, menggunakan isntrumen berupa Rencana kegiatan mingguan (RKM), dan rencana Kegiatan Harian (RKH), lembar observasi siswa, lembar observasi guru, lembar penilaian indikator kemampuan motorikkasar siswa. Setelah dilakukan penelitian, dari hasil observasi pada pelaksanaan pembelajaran siklus I, diperoleh data anak yang telah tuntas dalam kemampuan motorik kasar sebesar 56,25% atau 9 anak, terjadi peningkatan 18,75% dari hasil pra tindakan. Karena belum mencapai ketuntasan minimal 75% maka dilakukan pelaksanaan pembelajaran pada siklus II. Pada siklus II diperoleh data , anak yang telah tuntas dalam kemampuan motorik kasar sebesar 87,5% atau 14 anak. Terjadi peningkatan 31,25% dari hasil pada siklus I. Hasil pada siklus II telah melebihi ketuntasan minimal sehingga tidak dilakukan pelaksanan pembelajaran siklus III. Dengan demikian kesimpulan penelitian ini adalah permainanbalapkarung dapat meningkatkan kemampuan motorikkasar anak kelompok A1 TK Al Azhaar Bandung Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014-2015.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI