MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR PADA ANAK KELOMPOK B TK MAMBA\'UL HIKAM BOTORAN KECAMATAN TULUNGAGUNG KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2016 / 2017


Author (Penulis)

PRIHATIN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0471

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan, khususnya pada kelompok B yaitu kemampuan bahasa anak belum sesuai dengan perkembangan yang seharusnya. Rendahhya kemampuan membaca permulaan anak disebabkan pembelajaran kurang bervariasi, media belum dapat menarik perhatian anak, kurang dikembangkan, pengelolaan kelas kurang baik, kurangnya kesiapan anak dalam melakukan pembelajaran di dalam kelas.Tujuan penelitian: Membandingkan data tentang kemampuan membaca sebelum dan setelah dilakukan tindakan.Metode Penelitian, pendekatan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Penelitian Tindakan Kelas. Instrumen penelitian adalah unjuk kerja dengan subjek penelitian 17 anak. Hasil penelitian: “Media kartu kata bergambar dapat meningkatkan kemampuan membaca pada anak kelompok B di TK Mambaul Hikam Botoran Kecamatan Tulungagung Kabupaten Tulungagung Tahun pelajaran 2016/2017”. Hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian pada Pra tindakan ketuntasan belajar anak 29%, meningkat pada siklus I mencapai 65%, meningkat pada siklus II menjadi 71%, dan pada siklus III mencapai 94%.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-18

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 08 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI