Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Permainan Balap Tiklek Pada Anak Kelompok A TK Al Azhaar Bandung Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015


Author (Penulis)

NUR HIDAYAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0469P

Abstract

ABSTRAK NURHIDAYAH, Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Permainan Balap Tiklek Pada Anak Kelompok A TK Al Azhaar Bandung Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi: PG PAUD FKIP UNP Kediri,2015 Kata Kunci: kemampuan motorik kasar ,balap tiklek. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, didapat data dari 14 dalam kemampuan motorik kasar, yang mendapat nilai bintang 1 (#) terdapat 3 anak karena belum mau melakukan berjalan maju,mundur dan ke samping pada garis lurus, dan 7 anak mendapat bintang 2 (A-fr) karena belum lurus saat berjalan mundur atau ke samping. Permasalahan penelitian ini adalah " Apakah penerapan permainan balap teklek dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak pada kelompok A TK Al Azhaar Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung?" Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan motorik kasar anak pada anak kelompok A TK Al Azhaar Bandung setelah dilakukan tindakan melalui permainan balap tiklek. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tndakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak A3 TK Al Azhaar Bandung Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung sebanyak 14 anak. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, menggunakan instrumen berupa Rencana Kegiatan Mingguan (RKM), dan Rencana Kegiatan Harian (RKH), lembar observasi anak lembar observasi guru, lembar penilaian indikator kemampuan motorik kasar siswa..Setelah dilakukan penelitian, dari hasil observasi pada pelaksanaan pembelajaran siklus I, diperoleh data anak yang telah tuntas dalam kemampuan motorik kasar 8 anak. Karena belum mencapai ketuntasan minimal 75% maka dilakukan pelaksanaan pembelajaran pada siklus II. Pada siklus II diperoleh data, anak yang telah tuntas dalam kemampuan motorik kasar 12 anak. Hasil pada siklus II telah melebihi ketuntasan minimal sehingga tidak dilakukan pelaksanan pembelajaran siklus III. Dengan demikian kesimpulan penelitian ini adalah permainan balap tiklek dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar pada anak kelompok A TK Al Azhaar Bandung Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014-2015. Guru sebagai pelaksana pembelajaran harus mendukung terciptanya suasana yang menyenangkan (bermain sambil belajar dan belajar seraya bermain), permainan balap tiklek dapat digunakan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-01-31

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI