MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MENGENAL BILANGAN 1 – 10 MELALUI PERMAINAN DADU PADA ANAK KELOMPOK A TK AL – AZHAAR BANDUNG KECAMATAN BANDUNG KABUPATEN TULUNGAGUNG SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

MUKAYAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0467P

Abstract

Abstrak Mukayah: Meningkatkan Kemampuan Kognitif Dalam Mengenal Bilangan 1-10 Melalui Permainan Dadu Pada Anak Kelompok A TK Al Azhaar Bandung Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung Semester II Tahun Pelajaran 2014/2015, Skripsi, PG-PAUD, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata Kunci: Mengenal Bilangan, Permainan Dadu Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran mengenal bilangan pada anak usia dini melalui permainan masih didominasi oleh aktivitas klasikal dengan dominasi pada peran guru. Akibatnya suasana kelas monoton, pasif dan membosankan. Hal tersebut Nampak pada motivasi belajar anak yang rendah, yang pada akhirnya hasil pembelajaran juga rendah. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan permainan dadu untuk meningkatkan kemampuan kognitif dalam mengenal bilangan pada anak kelompok A? (2) Apakah penerapan permainan dadu dapat meningkatkan kemampuan kognitif dalam mengenal bilangan pada anak kelompok A?. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak kelompok A TK Al Azhaar Bandung sebanyak 18 anak. Penelitin dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrument berupa RPP, lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi aktivitas guru. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Melalui siklus tindakan pembelajaran dapat ditemukan langkah-langkah yang efektif penerapan permainan dadu untuk meningkatkan kemampuan kognitif dalam mengenal bilangan pada anak kelompok A. (2) Melalui siklus tindakan permainan dadu terbukti dapat meningkatkan motivasi belajar anak. (3) Melalaui siklus tindakan permainan dadu juga terbukti dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam mengenal bilangan. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini direkomendasikan: (1) Tujuan pokok penggunaan permainan dadu adalah untuk meningkatkan kemampuan kognitif dalam mengenal bilangan pada anak kelompok A. Oleh sebab itu guru sebagai pelaksana pembelajaran harus mengutamakan proses yang mendukung terciptanya suasana belajar yang menyenangkan dan tidak membosankan bagi anak. (2) Guru masih perlu meneliti terus menerus untuk membuktikan apakah pembelajaran permainan dadu sesuai dengan seluruh karakteristik materi dan karakteristik anak.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-07

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI