MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MENGENAL PENJUMLAHAN MELALUI MEDIA MENARA KUBUS PADA ANAK KELOMPOK B TK ALAZHAAR BANDUNG KECAMATAN BANDUNG KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

SULIKATUL MUZAYAROH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0465P

Abstract

ABSTRAK Sulikatul M: Meningkatkan Kemampuan Kognitif mengenal Penjumlahan Melalui Media Menara Kubus Pada Anak Kelompok B TK Al Azhaar Bandung Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi: PG PAUD FKIP UNP Kediri,2015 Kata Kunci : kemampuan kognitif, Menara Kubus. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, didapat data bahwa dalam kemampuan kognitif dalam mengenal penjumlahan belum tuntas. Dari 18 anak yang mendapat nilai bintang 1 (?) terdapat 3 anak karena belum mengenal penjumlahan, dan 9 anak mendapat bintang 2 (??) karena dalam menjumlahkan masih bingung dan mengulang hasil hitungan mereka. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “ Apakah media menara kubus meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam mengenal penjumlahan pada kelompok B TK Al Azhaar Bandung Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015?”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan kognitif anak dalam mengenal penjumlahan pada anak kelompok B TK Al Azhaar Bandung sebelum dilakukan tindakan dan setelah dilakukan tindakan melalui media menara kubus. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian Kelompok B di TK Al Azhaar Bandung Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung sejumlah 18 anak. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, menggunakan instrumen berupa Rencana kegiatan mingguan (RKM), dan rencana Kegiatan Harian (RKH), lembar observasi siswa, lembar observasi guru, lembar penilaian indikator kemampuan kognitif siswa..Setelah dilakukan penelitian, dari hasil observasi pada pelaksanaan pembelajaran siklus I, diperoleh data anak yang telah tuntas dalam kemampuan kognitif dalam mengenal penjumlahan sebanyak 9 anak.. Pada siklus II diperoleh data, anak yang telah tuntas dalam kemampuan kognitif dalam mengenal penjumlahan sebanyak 16 anak. Terjadi peningkatan dari hasil pada siklus I. Hasil pada siklus II telah melebihi ketuntasan minimal sehingga tidak dilakukan pelaksanan pembelajaran siklus III. Dengan demikian kesimpulan penelitian ini adalah media menara kubus dapat meningkatkan kemampuan kognitif dalam mengenal penjumlahan pada anak kelompok B TK Al Azhaar Bandung Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014-2015. Guru sebagai pelaksana pembelajaran harus mendukung terciptanya suasana yang menyenangkan (bermain sambil belajar dan belajar seraya bermain), media menara kubus dapat digunakan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan kognitif dalam mengenal penjumlahan.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-08

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI