MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MENGENAL PENJUMLAHAN MELALUI MEDIA MENARA KUBUS PADA ANAK KELOMPOK B TK ALAZHAAR BANDUNG KECAMATAN BANDUNG KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
SULIKATUL MUZAYAROH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.11.0465P
Abstract
ABSTRAK
Sulikatul M: Meningkatkan Kemampuan Kognitif mengenal Penjumlahan Melalui Media Menara Kubus Pada Anak Kelompok B TK Al Azhaar Bandung Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi: PG PAUD FKIP UNP Kediri,2015
Kata Kunci : kemampuan kognitif, Menara Kubus.
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, didapat data bahwa dalam kemampuan kognitif dalam mengenal penjumlahan belum tuntas. Dari 18 anak yang mendapat nilai bintang 1 (?) terdapat 3 anak karena belum mengenal penjumlahan, dan 9 anak mendapat bintang 2 (??) karena dalam menjumlahkan masih bingung dan mengulang hasil hitungan mereka. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “ Apakah media menara kubus meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam mengenal penjumlahan pada kelompok B TK Al Azhaar Bandung Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015?”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan kognitif anak dalam mengenal penjumlahan pada anak kelompok B TK Al Azhaar Bandung sebelum dilakukan tindakan dan setelah dilakukan tindakan melalui media menara kubus.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian Kelompok B di TK Al Azhaar Bandung Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung sejumlah 18 anak. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, menggunakan instrumen berupa Rencana kegiatan mingguan (RKM), dan rencana Kegiatan Harian (RKH), lembar observasi siswa, lembar observasi guru, lembar penilaian indikator kemampuan kognitif siswa..Setelah dilakukan penelitian, dari hasil observasi pada pelaksanaan pembelajaran siklus I, diperoleh data anak yang telah tuntas dalam kemampuan kognitif dalam mengenal penjumlahan sebanyak 9 anak.. Pada siklus II diperoleh data, anak yang telah tuntas dalam kemampuan kognitif dalam mengenal penjumlahan sebanyak 16 anak. Terjadi peningkatan dari hasil pada siklus I. Hasil pada siklus II telah melebihi ketuntasan minimal sehingga tidak dilakukan pelaksanan pembelajaran siklus III.
Dengan demikian kesimpulan penelitian ini adalah media menara kubus dapat meningkatkan kemampuan kognitif dalam mengenal penjumlahan pada anak kelompok B TK Al Azhaar Bandung Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014-2015. Guru sebagai pelaksana pembelajaran harus mendukung terciptanya suasana yang menyenangkan (bermain sambil belajar dan belajar seraya bermain), media menara kubus dapat digunakan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan kognitif dalam mengenal penjumlahan.