MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MENGENAL KONSEP PENJUMLAHAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA SATE BUAH PADA ANAK KELOMPOK B1 TK DHARMA WANITA PANGGUNGREJO KECAMATAN KAUMAN KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN 2014/2015
Author (Penulis)
SUKARTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.11.0464P
Abstract
Abstrak
Sukarti: Meningkatkan Kemampuan Kognitif dalam Mengenal Konsep Penjumlahan dengan Menggunakan Media Sate Buah pada Anak Kelompok B1 TK Dharma Wanita Panggungrejo, Kecamatan Kauman, Kabupaten Tulungagung, Tahun 2014/2015.
Kata kunci: kognitif, konsep penjumlahan, media sate buah
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa pembelajaran kognitif aspek penjumlahan masih didominasi oleh aktivitas klasikal dengan dominasi peran guru. Akibatnya kelas monoton, pasif, dan membosankan. Hal tersebut nampak dari kemampuan kognitif anak yang rendah yang pada akhirnya hasil belajarnya juga rendah..
Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakan penggunaan media sate buah untuk meningkatkan kemampuan kognitif aspek penjumlahan dan hasil belajar anak ? (2) Apakah penggunaan media sate buah dapat meningkatkan kemampuan kognitif aspek penjumlahan bagi anak ? (3) Apakah penggunaan media sate buah dapat meningkatkan hasil belajar anak ?
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak kelompok B1 TK Dharma Wanita Panggungrejo Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus menggunakan instrument lembar penilaian unjuk kerja anak dan lembar observasi aktivitas guru.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Melalui siklus tindakan pembelajaran dapat ditemukan langkah-langkah yang efektif dalam penggunaan media sate buah untuk meningkatkan kemampuan kognitif dan hasil belajar anak. (2) Melalui siklus tindakan pembelajaran penggunaan media sate buah terbukti dapat meningkatkan kemampuan kognitif aspek penjumlahan. (3) Melalui siklus tindakan pembelajaran penggunaan media sate buah terbukti dapat meningkatkan hasil belajar anak didik.