MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR PADA ANAK KELOMPOK B TK DHARMA WANITA 1 KEPEL DESA KEPEL KECAMATAN NGETOS KABUPATEN NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Author (Penulis)
ERNI SUKATMI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.11.0459
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan peneliti di TK Dharma Wanita 1 Kepel Desa Kepel Kecamatan Ngetos Kabupaten Nganjuk, bahwa kemampuan membaca permulaan pada Anak Kelompok B di TK Dharma Wanita 1 Kepel Desa Kepel Kecamatan Ngetos Kabupaten Nganjuk masih reletif rendah. Untuk itu peneliti termotivasi untuk melakukan penelitian guna meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak dengan judul penelitian ”Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Melalui Penggunaan Media Kartu Kata Bergambar Pada Anak Kelompok B di TK Dharma Wanita 1 Kepel Desa Kepel Kecamatan Ngetos Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2016/2017”. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B TK Dharma Wanita 1 Kepel Desa Kepel Kecamatan Ngetos Kabupaten Nganjuk yang berjumlah 17 anak terdiri dari 7 anak laki-laki dan 10 anak perempuan.Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan pada tindakan siklus I ketuntasan belajar anak masih mencapai 53%, sedangkan pada tindakan siklus II ketuntasan belajar anak mengalami peningkatan mencapai 71%, dan pada tindakan siklus III ketuntasan belajar anak meningkat menjadi 82%. Maka dapat disimpulkan bahwa melalui media kartu kata bergambar dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak Kelompok B TK Dharma Wanita I Kepel Desa Kepel Kecamatan Ngetos Kabupaten Nganjuk.