MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI MEDIA BUKU CERITA GAMBAR SERI PADA ANAK KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK DHARMA WANITA JOHO II KECAMATAN SEMEN KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

ZUBAIDATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0452P

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran membaca masih dengan teori yang lama yang didominasi oleh guru , akibatnya suasana kelas yang monoton dan membosankan. Hal tersebut nampak pada semangat belajar anak yang hanya mengikuti saja apa perintah guru akibatnya hasil belajarnya rendah. Permasalahan Penelitian ini adalah : Apakah melalui media Buku Cerita Gambar Seri dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa Kelompok B Di Taman Kanak Kanak Dharma Wanita Joho II desa Joho kecamatan Semen tahun pelajaran 2014/1015 ? Penelitian ini mengunakan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak Kelompok B Di TK Dharma Wanita Joho II. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus, menggunakan instrument berupa RPP, Lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi aktivitas guru, kuisioner motivasi belajar dan tes hasil belajar siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Melalui siklus tindakan pembelajran dapat ditemukan langkah langkah yang efektif penerapan pembelajaran membaca dan menunjuk kata yang dikenal sesuai dari Buku Cerita Gambar Seri dan mengurutkan cerita sesuai alur dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa. (2) Melalui siklus tindakan pembelajran dapat ditemukan langkah langkah yang efektif penerapan pembelajaran membaca dan menunjuk kata yang dikenal sesuai dari Buku Cerita Gambar Seri dan mengurutkan cerita sesuai alur terbukti meningkatkan kemampuan membaca. (3) Melalui siklus tindakan pembelajran dapat ditemukan langkah langkah yang efektif penerapan pembelajaran membaca dan menunjuk kata yang dikenal sesuai dari Buku Cerita Gambar Seri dan mengurutkan cerita sesuai alur dapat meningkatkan Hasil kemampuan membaca. Berdasarkan hasil simpulan penelitian ini maka direkomendasikan bahwa (1) Tujuan Pokok penggunaan Buku Cerita Gambar Seri mengembangkan kemampuan membaca pada anak, oleh sebab itu guru sebagai pelaksana harus mengutamakan proses yang mendukung terciptanya suasana yang menyenangkan (2) Guru masih perlu meneliti terus menerus, untuk membuktikan apakah pembelajaran membaca dan menunjuk kata yang dikenal sesuai dari Buku Cerita Gambar Seri dan mengurutkan cerita sesuai alur sudah sesuai dengan seluruh karakteristik siswa. Kata Kunci : Membaca, Buku Cerita Gambar Seri, motivasi, hasil belajar, menyenangkan.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-17

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI