PENGGUNAAN MEDIA BONEKA JARI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK KELOMPOK B TK DHARMA WANITA SURUHAN LOR KECAMATAN BANDUNG KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2014-2015


Author (Penulis)

SITI ISTIKOMAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0449P

Abstract

Abstrak SITI ISTIKOMAH: Penggunaan Media Boneka Jari untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Kelompok B TK Dharma Wanita Suruhan Lor Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014-2015, Skripsi, PAUD, FKIP UNP Kediri 2014. Kata kunci : media boneka jari, meningkatkan, kemampuan berbicara. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti tentang kemampuan berbicara anak tergolong masih rendah, hal ini ditemukan fakta bahwa dari 16 jumlah anak didik, hanya 1 anak didik yang mendapat nilai bintang empat, dan 3 anak didik yang mendapat nilai bintang tiga, 5 anak didik mendapat nilai bintang dua, serta 7 anak didik mendapatkan nilai bintang satu. Permasalahan penelitian ini adalah (1) anak kurang dilatih untuk berbicara mengungkapkan pendapatnya saat pembelajaran; (2) guru belum menggunakan media pembelajaran yang menarik dan variatif untuk meningkatkan kemampuan berbicara; (3) fokus pengembangan kemampuan berbahasa anak lebih pada aspek membaca dan menulis sedangkan pada aspek berbicara masih belum terlalu dikembangkan. Oleh karena itu rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu, Apakah penggunaan media Boneka Jari dapat meningkatan kemampuan berbicara pada anak kelompok B TK Dharma Wanita Suruhan Lor Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung tahun pelajaran 2014/2015?. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak kelompok B TK TK Dharma Wanita Suruhan Lor Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, setiap siklusnya terdapat empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian ini yaitu pada siklus I mencapai hasil persentase 60,9%, siklus II mencapai hasil persentase 76,6%, dan pada siklus III mencapai hasil persentase 87,5%. Dari hasil pencapaian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media boneka jari dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak kelompok B TK Dharma Wanita Suruhan Lor Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014-2015.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-06

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI