MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGGAMBAR DENGAN BENTUK DASAR LINGKARAN SEGITIGA DAN SEGIEMPAT MELALUI KEGIATAN BERMAIN PADA ANAK KELOMPOK B TK DHARMA WANITA TIUDAN KECAMATAN GONDANG KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
SUTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.11.0440P
Abstract
ABSTRAK
SUTI, Meningkatkan Kemampuan Menggambar dengan Bentuk Dasar Lingkaran Segitiga dan Segiempat melalui Kegiatan Bermain Pada Anak Kelompok B Tk Dharma Wanita Tiudan Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015, skripsi, PG-PAUD FKIP UNP Kediri, 2015.
Kata kunci :, kemampuan motorik halus, menggambar dengan bentuk dasar lingkaran segitiga dan segiempat, bermain.
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa di kelompok B TK Dharma Wanita Tiudan mengalami kesulitan pada setiap pembelajaran bidang pengembangan motorik halus, hal ini ditunjukkan adanya hasil belajar anak didik yang masih mencapat rata-rata bintang dua.
Rumusan permasalahan penelitian ini adalah apakah benar dengan penerapan bermain dalam kegiatan menggambar dengan bentuk dasar lingkaran, segitiga dan segiempat dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak di kelompok B TK Dharma Wanita Tiudan Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung tahun pelajaran 2014/2015.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi, dengan subjek penelitian anak didik kelompok B TK Dharma Wanita Tiudan Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung.
Dari hasil pengamatan dan analisis serta perbaikan pembelajaran diketahui bahwa setelah dilakukan tindakan, kemampuan motorik halus anak meningkat, hal ini tampak pada prosentase rata-rata ketuntasan belajar pada siklus I sebanyak 70 % dikategorikan kurang dan meningkat menjadi 84 % yang dikategorikan baik pada siklus II.
Berdasarkan hasil pelaksanaan penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa terdapat peningkatan kemampuan motorik halus anak mulai dari pra tindakan sampai dengan tindakan siklus II. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis dapat diterima dan dapat disimpulkan bahwa penerapan kegiatan menggambar dengan bentuk dasar lingkaran, segitiga dan segiempat melalui kegiatan bermain dapat meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak kelompok B TK Dharma Wanita Tiudan Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015.
Mengingat pentingnya masalah penelitian ini, diharap semua pihak yang terkait, khususnya guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dengan menggunakan media yang lebih beragam dan inovatif terutama dalam kegiatan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus, misalnya kegiatan menggambar dengan bentuk dasar lingkaran segitiga dan segiempat melalui kegiatan bermain sehingga proses pembelajaran lebih efektif dan dapat meningkatkan hasil belajar anak didik.