MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA KADO ISTIMEWA PADA ANAK KELOMPOK B TK DHARMA WANITA SUWARU KECAMATAN BANDUNG KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

SITI HAYATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0439P

Abstract

Abstrak SITI HAYATI: Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Kado Istimewa Pada Anak Kelompok B TK Dharma Wanita Suwaru Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014-2015, Skripsi, PG-PAUD, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata kunci : Kemampuan Membaca Permulaan, Media Kado Istimewa. Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti di TK TK Dharma Wanita Suwaru Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung pada Kelompok B kemampuan membaca permulaan anak masih rendah. Hal ini ditujukan oleh fakta dari 16 anak didik hanya 2 anak yang mendapat bintang 4 dan 4 anak yang mendapat bintang 3. Rendahnya kemampuan membaca permulaan ini disebabkan oleh: (1) penggunaan metode kurang variatif, (2) media pembelajaran kurang menarik, (3) guru terlalu banyak mendominasi dalam kegiatan pembelajaran. Rumusan masalah penelitian ini yaitu: “Apakah melalui media Kado Istimewa dapat meningkatan kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok B TK Dharma Wanita Suwaru Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung tahun pelajaran 2014/2015?” Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan media Kado Istimewa dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak kelompok B TK Dharma Wanita Suwaru Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015. Hasil perhitungan data tentang kemampuan membaca permulaan anak melalui kegiatan dengan menggunakan media kado istimewa pada siklus 1 sebesar 54,68%, siklus 2 sebesar 67,18%, dan siklus 3 sebesar 84,37%. Dari hasil pencapaian tersebut maka dapat disimpulkan pembelajaran dengan media Kado Istimewa dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok B Dharma Wanita Suwaru Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung tahun pelajaran 2014-2015. Mengingat pentingnya masalah penelitian ini diharapkan semua fihak yang terkait, khususnya guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dengan menggunakan media yang lebih beragam dan inovatif.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-06

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI