MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG DENGAN MENGGUNAKAN METODE BERMAIN MELALUI MEDIA IKAN DI AKUARIUM PADA ANAK KELOMPOK B TK DHARMA WANITA GEGER III KECAMATAN SENDANG KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2016-2017
Author (Penulis)
YAYUK HARIANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.11.0436
Abstract
ABSTRAK
Yayuk Hariani : Meningkatkan Kemampuan Berhitung Dengan Menggunakan Metode Bermain Melalui Media Ikan di Akuarium Pada Anak Kelompok B TK Dharma Wanita Geger III Kecamatan Sendang Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2016-2017.
Kata Kunci : Berhitung, Metode Bermain, Hasil Belajar
Kemampuan berhitung sebagai dasar pengembangan matematika untuk menyiapkan anak secara mental mampu mengikuti pembelajaran matematika lebih lanjut di sekolah dasar, seperti pengenalan konsep bilangan, dan lambang bilangan melalui berbagai jenis media, dalam kegiatan bermain yang menyenangkan.
Berdasarkan hasil pengamatan, anak pada kelompok B TK Dharma Wanita Geger III masih rendah kemampuannya dalam memahami konsep berhitung yaitu kemampuan dalam mengenal konsep bilangan. Hal ini dikarenakan kurang menariknya metode yang digunakan guru saat mengajar, serta media yang digunakan juga sangat terbatas.
Kegiatan bermain merupakan suatu kegiatan yang bersifat menyenangkan dan dilakukan anak secara spontan tanpa adanya paksaan, bermain tidak melihat pada proses yang dilakukan anak, bertujuan untuk mengembangkan seluruh aspek perkembangan yang ada di dalam diri anak. Suatu pembelajaran anak lebih bermakna jika dalam pembelajaran tersebut menggunakan alat bantu pengajaran yaitu media. Dengan adanya media pembelajaran akan menumbuhkan minat, memotivasi anak untuk mengikuti pembelajaran yang sedang berlangsung.
Dalam penelitian ini diprioritaskan upaya pengembangan metode pembelajaran yang dihadapi guru di kelas. Penggunaan metode bermain melalui media ikan di akuarium diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak, sehinga prestasi yang dicapai sesuai dengan tujuan yang diharapkan.
Pelaksanaan kegiatan yang dikemas dalam Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dalam 3 siklus. Tiap siklus yang terdiri dari tahapan Perencanaan, Pelaksanaan Tindakan, Observasi dan Refleksi dilaksanakan sesuai dengan perubahan yang ingin dicapai.
Hasil yang didapatkan setelah terlaksananya siklus I, II dan III menunjukkan adanya kenaikan yang cukup berarti. Hal ini dapat dilihat pada prosentase ketuntasan belajar anak yang pada saat Pra Tindakan sebesar 6,25%, meningkat jadi 56,25% di siklus I, lalu meningkat lagi menjadi 75% di siklus II, dan pada akhirnya mencapai 87,5% di siklus III.
Kesimpulannya, dengan menggunakan metode Bermain melalui Media Ikan di Akuarium, nilai prestasi anak dalam berhitung pada kelompok B TK Dharma Wanita Geger III Tahun Pelajaran 2016-2017 dapat meningkat sesuai dengan apa yang diharapkan dari adanya pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini.