MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYEBUT HASIL PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN SAMPAI 20 MENGGUNAKAN MEDIA RUMAH AJAIB PADA ANAK KELOMPOK B TK AL-KHODIJAH GEGER KECAMATAN SENDANG KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

NENY SETIYANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0435P

Abstract

ABSTRAK NENY SETIYANA : Meningkatkan Kemampuan Menyebut Hasil Penjumlahan Dan Pengurangan Sampai 20 Menggunakan Media Rumah Ajaib Pada Anak Kelompok B TK Al-Khodijah Geger Kecamatan Sendang Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2014/2015, Skripsi, PGPAUD, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata Kunci : Kemampuan menyebut hasil penjumlahan dan pengurangan, media rumah ajaib Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan di lapangan bahwa kemampuan kognitif anak dalam menyebutkan hasil panjumlahan dan pengurangan di kelompok B TK Al-khodijah Geger masih rendah, hal ini dapat dilihat dari 10 anak didik hanya 2 anak yang mendapat bintang 3, 5 anak mandapat bintang 2, dan 3 anak mendapat bintang 1. Akibatnya suasana ruang kelas dalam proses pembelajaran bersifat monoton, pasif dan membosankan, kurangnya rangsangan terhadap anak didik melalui media- media pembelajaran, serta kurang optimalnya penerapan media pembelajaran. Permasalahan penelitian ini adalah apakah melalui media rumah ajaib dapat meningkatkan kemampuan menyebut hasil penjumlahan dan pengurangan sampai 20 pada anak kelompok B TK Al-khodijah Geger Kecamatan Sendang Kabupaten Tulungagung? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui melalui media rumah ajaib dapat meningkatkan kemampuan menyebut hasil penjumlahan dan pengurangan sampai 20 pada anak kelompok B TK Al-khodijah Geger Kecamatan Sendang Kabupaten Tulungagung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 3 siklus, masing-masing siklus memiliki 4 tahapan : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan berupa Rencana Kegiatan Mingguan (RKM), Rencana Kegiatan Harian (RKH), lembar observasi guru dan lembar penilaian unjuk kerja untuk anak. Indikator keberhasilan adalah meningkatnya kemampuan anak dalam menyebut hasil penjumlahan dan pengurangan lebih dari 75 %. Dari hasil penelitian siklus I diperoleh hasil kemampuan anak dalam menyebutkan hasil penjumlahan dan pengurangan adalah 40%, pada siklus II hasil meningkat sebesar 70%, kemudian pada siklus III meningkat menjadi 80%. Berdasarkan dari hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa tindakan pembelajaran melalui permainan dengan media rumah ajaib dapat dibuktikan kebenarannya untuk meningkatkan kemampun menyebut hasil penjumlahan dan pengurangan pada anak kelompok B TK Al-khodijah Geger Kecamatan Sendang Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan untuk menggunakan media rumah ajaib dalam pembelajaran menyebut hasil penjumlahan dan pengurangan.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-06

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI