MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG MENGGUNAKAN MEDIA SANGKAR PINTAR PADA ANAK- ANAK KELOMPOK B TK BEJI LESTARI GEGER KABUPATEN TULUNGAGUNG


Author (Penulis)

NUR ANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0434

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti di lapangan bahwa kemampuan kognitif anak dalam hal berhitung di kelompok B TK BEJI LESTARI Geger masih rendah, hal ini dapat dilihat dari 10 anak didik hanya 2 anak mendapat bintang 1, 5 anak yang mendapat bintang 2, 2anak mendapat bintang 3, dan 1 anak mendapat bintang 4. Akibatnya suasana ruang kelas bersifat monoton, pasif dan membosankan, kurang rangsangan terhadap anak didik melalui media-media pembelajaran, serta kurang optimalnya penerapan media pembelajaran. Permasalahan penelitian ini adalah dapatkah meningkatkan kemampuan berhitung menggunakan media sangkar pintar pada anak-anak kelompok B TK Beji Lestari Geger Kabupaten Tulungagung?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dapat tidaknya meningkatkan kemampuan berhitung menggunakan media sangkar pintar pada anak-anak kelompok B TK Beji Lestari Geger Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2016-2017. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 3 siklus, masing-masing siklus memiliki 4 tahapan: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan berupa Rencana Program Pembelajaran Mingguan (RPPM), Rencana Program Pembelajaran Harian (RPPH), lembar observasi guru, dan lembar penilaian unjuk kerja kemampuan berhitung anak. Dari hasil penelitian siklus I diperoleh ketuntasan belajar kemampuan anak dalam berhitung adalah 46%, pada siklus II hasil meningkat 64%, kemudian pada siklus III meningkat menjadi 91%. Berdasarkan dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan media Sangkar Pintar terbukti dapat meningkatkan kemampuan berhitung pada anak kelompok B TK BEJI LESTARI Geger Kabupaten Tulungagung.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-21

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 11 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI