MENGEMBANGKAN PEMBIASAAN MORAL MELALUI METODE BERCERITA MENGGUNAKAN MEDIA BONEKA JARI PADA ANAK KELOMPOK A TK DHARMA WANITA II WATES KECAMATAN CAMPURDARAT KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

BALQIS ANDRIANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0433P

Abstract

Abstrak BALGHIS ANDRIANI : Mengembangkan Pembiasaan Moral Melalui Metode Bercerita Menggunakan Media Boneka Jari Pada Anak kelompok A TK Dharma Wanita II Wates Kecamatan Campurdarat Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015, Skripsi, PG-PAUD, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata Kunci : Moral anak usia dini,metode bercerita, boneka jari. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengamatan peneliti, bahwa pembiasaan moral anak didik masih rendah. Anak belum terbiasa mengucapkan terima kasih, membantu teman dan bekerjasama dalam tugas. Dikarenakan metode yang digunakan kurang bervariasi. Maka salah satu cara yang digunakan oleh peneliti dalam mengembangkan pembiasaan moral anak adalah melalui metode bercerita menggunakan media boneka jari. Rumusan masalah penelitian yaitu “ Apakah melalui metode bercerita dengan menggunakan media boneka jari dapat digunakan sebagai upaya untuk mengembangkan pembiasaan moral anak kelompok A TK Dharma Wanita II Wates Kecamatan Campurdarat Kabupaten Tulungagung?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah melalui metode bercerita dengan menggunakan media boneka jari dapat mengembangkan pembiasaan moral anak kelompok A TK Dharma Wanita II Wates Kecamatan Campurdarat Kabupaten Tulungagung. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian ini adalah anak kelompok A TK Dharma Wanita II Wates Kecamatan Campurdarat. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus,masing-masing siklus memiliki 4 tahapan: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan berupa Lembar Penilaian dan Observasi. Indikator keberhasilan adalah berkembangnya kemampuan moral anak lebih dari 80%. Berdasarkan dari hasil penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa tindakan pembelajaran melalui metode bercerita menggunakan media boneka jari dapat dibuktikan kebenarannya untuk mengembangkan pembiasaan moral anak kelompok A TK Dharma Wanita II Wates Kecamatan Campurdarat Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015. Berdasarkan dari hasil penelitian dapat disarankan untuk menggunakan metode bercerita dengan media boneka jari dalam memberikan pembelajaran untuk mengembangkan pembiasaan moral pada anak usia dini.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI