Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus melalui Kegiatan Menggambar dan Mewarnai pada Anak Kelompok B TK Dharma Wanita 1 Pelem Kecamatan Campurdarat Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015


Author (Penulis)

SOLIKAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0429P

Abstract

ABSTRAK Solikah. 2015. “Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus melalui Kegiatan Menggambar dan Mewarnai pada Anak Kelompok B TK Dharma Wanita 1 Pelem Kecamatan Campurdarat Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015” Kata kunci: kemampuan, motorik halus, menggambar, mewarnai. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti, kegiatan pengembangan dikelas ditemukan adanya masalah keengganan anak-anak untuk melakukan kegiatan motorik halus khususnya dalam menggambar dan mewarnai. Hal ini menunjukkan bahwa hampir sebagian anak merasa bosan dengan kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru, sehingga semangat dan motivasi anak menjadi menurun. Dari uraian tersebut dirumuskan masalah sebagai berikut: Apakah kegiatan menggambar dan mewarnai dapat meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak kelompok B TK Dharma Wanita 1 Pelem Tahun Pelajaran 2014/2015?. Berdasarkan rumusan masalah dalam penelitian, tujuan dari penelitian ini adalah upaya meningkatkan kualitas pembelajaran dan kemampuan motorik halus pada anak Kelompok B TK Dharma Wanita 1 Pelem. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Model penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan 4 langkah yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah anak Kelompok B TK Dharma Wanita 1 Pelem Campurdarat Tulungagung yang berjumlah 15 anak. Berdasarkan pra tindakan, ada 5 anak atau 33,33% yang tuntas dalam ujuk kerja, sementara 10 anak atau 66,67% belum tuntas. Dari siklus I, ada 6 anak atau 40% yang tuntas, sementara 9 anak atau 60% belum tuntas. Dari siklus II, ada 10 anak atau 66,67% yang tuntas, sementara 5 anak atau 33,33% belum tuntas. Dari siklus III ada 13 anak atau 86,67% yang tuntas, sementara 2 anak atau 13,33% belum tuntas. Ini menunjukkan bahwa kriteria keberhasilan tindakan sudah tercapai. Kesimpulan penelitian ini bahwa pembelajaran pengembangan motorik halus pada anak melalui kegiatan menggambar dan mewarnai dapat meningkatkan prestasi belajar anak khususnya pada anak TK Dharma Wanita 1 Pelem Kelompok B Tahun Pelajaran 2014/2015. Dari kesimpulan penelitian ini, peneliti merekomendasikan: (1) Untuk melaksanakan pembelajaran pengembangan motorik, anak memerlukan persiapan yang cukup matang. (2) Guru hendaknya menjalin kerjasama dengan orang tua.(3) Sebagai salah satu lembaga pendidikan TK Dharma Wanita 1 Pelem Campurdarat harus meningkatkan kualitas pembelajran serta lebih melengkapi sarana dan prasarana yang diperlukan demi menunjang kegiatan belajar yang dilaksanakan

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-01-31

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI