MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN PERMULAAN MEMBACA MENGGUNAKAN MEDIA WADAH KINANG PADA ANAK-ANAK KELOMPOK A TK AL KHODIJAH KEDOYO KABUPATEN TULUNGAGUNG


Author (Penulis)

KHOLIPATUR ROSIDAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0425

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan dan pengalaman peneliti terhadap anak didik kelompok A TK Al Khodijah, bahwa dalam proses pembelajaran perkembangan kemampuan membaca permulaan, guru belum menggunakan media atau permainan yang menarik bagi anak didik. Akibatnya anak didik masih banyak yang belum mengenal huruf dan sering salah dalam membaca, sehingga kemampuan anak didik dalam membaca menjadi rendah. Permasalahan penelitian ini adalah dapatkah mengembangkan kemampuan permulaan membaca menggunakan media wadah kinang pada anak-anak kelompok A TK Al Khodijah?Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak didik kelompok ATK Al Khodijah dengan jumlah 15 anak. Data yang dikumpulkan adalah data kemampuan membaca permulaan dan data pelaksanaan pembelajaran. Teknik pengumpulan datanya adalah unjuk kerja dan observasi. Kesimpulan penelitian ini adalah tindakan pembelajaran menggunakan media wadah kinang dapat mengembangkan kemampuan membaca permulaan pada anak didik kelompok A TK Al Khodijah. Hal ini persentase ketuntasan yang meningkat yaitu pra-tindakan sebesar 46,7%, siklus I sebesar 66,7%, siklus II sebesar 73,3% dan siklus III sebesar 100%.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-21

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 11 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI