MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU CERDAS PADA ANAK KELOMPOK B TK DHARMA WANITA KEDUNGWILUT KECAMATAN BANDUNG KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

SUSIYAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0420P

Abstract

Abstrak SUSIYAH: Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Media Kartu Cerdas Pada Anak Kelompok B TK Dharma Wanita Kedungwilut Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015, Skripsi, PG PAUD, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata kunci : Kemampuan Membaca Permulaan, Media Kartu Cerdas. Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti di TK Dharma Wanita Kedungwilut Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung pada Kelompok B kemampuan membaca permulaan anak masih rendah. Hal ini ditujukan oleh fakta dari 16 anak didik hanya 1 anak yang mendapat bintang 4 dan 4 anak yang mendapat bintang 3. Rendahnya kemampuan membaca permulaan ini disebabkan oleh: (1) penggunaan metode kurang variatif, (2) media pembelajaran kurang menarik, (3) guru terlalu banyak mendominasi dalam kegiatan pembelajaran. Rumusan masalah penelitian ini yaitu : Apakah melalui media kartu cerdas dapat meningkatan kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok B TK Dharma Wanita Kedungwilut Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung tahun pelajaran 2014/2015? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan media kartu cerdas dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak kelompok B TK Dharma Wanita Kedungwilut Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015. Hasil perhitungan data tentang kemampuan membaca permulaan anak melalui kegiatan dengan menggunakan media kartu cerdas pada siklus 1 sebesar 51,56%, siklus 2 sebesar 65,62%, dan siklus 3 sebesar 85,93%. Dari hasil pencapaian tersebut maka dapat disimpulkan pembelajaran dengan media kartu cerdas dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok B TK Dharma Wanita Kedungwilut Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung tahun pelajaran 2014-2015. Mengingat pentingnya masalah penelitian ini diharapkan semua fihak yang terkait, khususnya guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dengan menggunakan media yang lebih beragam dan inovatif.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-08

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI