MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU CERDAS PADA ANAK KELOMPOK B TK DHARMA WANITA KEDUNGWILUT KECAMATAN BANDUNG KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
SUSIYAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.11.0420P
Abstract
Abstrak
SUSIYAH: Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Media Kartu Cerdas Pada Anak Kelompok B TK Dharma Wanita Kedungwilut Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015, Skripsi, PG PAUD, FKIP UNP Kediri, 2015.
Kata kunci : Kemampuan Membaca Permulaan, Media Kartu Cerdas.
Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti di TK Dharma Wanita Kedungwilut Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung pada Kelompok B kemampuan membaca permulaan anak masih rendah. Hal ini ditujukan oleh fakta dari 16 anak didik hanya 1 anak yang mendapat bintang 4 dan 4 anak yang mendapat bintang 3. Rendahnya kemampuan membaca permulaan ini disebabkan oleh: (1) penggunaan metode kurang variatif, (2) media pembelajaran kurang menarik, (3) guru terlalu banyak mendominasi dalam kegiatan pembelajaran.
Rumusan masalah penelitian ini yaitu : Apakah melalui media kartu cerdas dapat meningkatan kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok B TK Dharma Wanita Kedungwilut Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung tahun pelajaran 2014/2015? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan media kartu cerdas dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak kelompok B TK Dharma Wanita Kedungwilut Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015.
Hasil perhitungan data tentang kemampuan membaca permulaan anak melalui kegiatan dengan menggunakan media kartu cerdas pada siklus 1 sebesar 51,56%, siklus 2 sebesar 65,62%, dan siklus 3 sebesar 85,93%.
Dari hasil pencapaian tersebut maka dapat disimpulkan pembelajaran dengan media kartu cerdas dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok B TK Dharma Wanita Kedungwilut Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung tahun pelajaran 2014-2015.
Mengingat pentingnya masalah penelitian ini diharapkan semua fihak yang terkait, khususnya guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dengan menggunakan media yang lebih beragam dan inovatif.