MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN PADA KELOMPOK B TK PERTIWI 1 TANJUNGTANI KECAMATAN PRAMBON KABUPATEN NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

MAYA ASTRIANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0412P

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti,bahwa pembelajaran berbicara di TK masih di dominasi aktivitas klasikal dengan dominasi pada peran guru yang menggunakan metode dan media yang kurang menarik minat anak didik selain itu kurangnya pengetahuan anak tentang bermain peran serta prasarana yang belum memadai. Akibatnya suasana kelas monoton, pasif, dan membosankan bagi anak. Hal tersebut nampak dari motivasi belajar anak yang rendah yang pada akhirnya perkembangan kemampuan berbicara pun juga rendah. Rumusan masalah dalam peneliti ini adalah, Apakah penerapan metode bermain peran dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak pada kelompok B Tk Pertiwi 1 Tanjungtani Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk?. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak didik kelompok B TK Pertiwi 1 Tanjungtani. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, menggunakan instrumen berupa RKM,RKH,lembar unjuk Kerja dan dokumentasi. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah melalui siklus tindakan pembelajaran kegiatan bermain peran dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak. Hal ini terbukti dari hasil analisis data pada siklus I sebesar 60,7% dan mengalami peningkatan yang sangat signifikan pada siklus II sebesar 80%. Sehingga hipotesis tindakan dalam penelitian diterima.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-07

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI