MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM PENGENALAN WARNA MELALUI PERMAINAN CAMPUR WARNA PADA ANAK KELOMPOK A TK DHARMA WANITA 02 BANJARSARI KECAMATAN NGANTRU KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2014-2015
Author (Penulis)
SULAMI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.11.0411P
Abstract
ABSTRAK
SULAMI: Mengembangkan Kemampuan Kognitif Dalam Pengenalan Warna Melalui Permainan Campur Warna Pada Anak Kelompok A TK Dharma Wanita 02 Banjarsari Kecamatan Ngantru Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014-2015, Skripsi, PGPAUD, FKIP UNP Kediri, 2015.
Kata Kunci : Bermain Campur Warna, Kemampuan Kognitif
Pada umumnya anak TK masih mengalami kesulitan dalam mengembangkan kemampuan kognitif, terutama dalam pengenalan warna. Kondisi tersebut salah satunya dipengaruhi dari kurangnya kreativitas guru dalam menerapkan metode pembelajaran kepada anak. Untuk itu guru memerlukan metode pembelajaran yang tepat. Permainan campur dapat membantu anak didik dalam mengenal warna-warna. Permasalahan penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut : Apakah penerapan permainan campur warna dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok A di TK Dharma Wanita 02 Banjarsari Kec. Ngantru Kab. Tulungagung? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui melalui permainan campur warna dapat mengembangkan kemampuan kognitif pada anak kelompok A TK Dharma Wanita 02 Banjarsari Kecamatan Ngantru Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang meliputi tiga siklus. Tiap siklus dilakukan secara berurutan yang terdiri dari empat tahap yaitu : 1) perencanaan, 2) tindakan, 3) observasi dan 4) refleksi. Data penelitian diambil melalui metode eksperimen di kelas. Berdasarkan analisis data penelitian dan pembahasan, diperoleh hasil penelitian pada siklus I sebesar 44,44 %, siklus II hasil yang dicapai sebesar 60,49% dan siklus III sebesar 88,89%. Dilihat dari hasil penelitian yang terus meningkat dari siklus 1 sampai 3, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan permainan campur warna dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok A TK Dharma Wanita 02 Banjarsari Kec. Ngantru. Berdasarkan simpulan di atas, para guru diharapkan bisa menerapkan permainan-permainan yang melibatkan anak langsung seperti campur warna sehingga dapat menarik minat anak dalam kegiatan pembelajaran agar berjalan lebih baik dan proses belajar anak menjadi lebih efektif dan menyenangkan.