Meningkatkan Kemampuan Berhitung Melalui Media Roda Putar pada Anak Kelompok B TK Dharma Wanita Gandong tahun ajaran 2014/2015


Author (Penulis)

RINAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0410P

Abstract

ABSTRAK RINAWATI : Meningkatkan Kemampuan Berhitung Melalui Media Roda Putar pada Anak Kelompok B TK Dharma Wanita Gandong tahun ajaran 2014/2015, Skripsi, PG-PAUD, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata Kunci : Berhitung, Media Roda Putar. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa dalam proses pembelajaran perkembangan kognitif dalam berhitung, guru tidak menggunakan media atau permainan yang menarik bagi anak didik. Akibatnya anak didik masih sering salah dalam berhitung, sehingga kemampuan berhitung menjadi rendah. Permasalahan penelitian ini adalah apakah melalui media roda putar dapat meningkatakan kemampuan berhitung pada anak Kelompok B TK Dharma Wanita Gandong Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung ?. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif dengan subyek penelitian anak didik di TK Dharma wanita Gandong Kecamatan Bandung, Kabupaten Tulungagug sejumplah 20 anak didik. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrument berupa RKH, lembar penelaian anak didik, lembar observasi anak didik dan guru. Kesimpulan hasil penelitian adalah (1) melalui siklus tindakan pembelajaran media roda putar dapat ditemukan langkah-langkah yang dapat meningkatkan motivasi belajar berhitung pada anak didik dan meningkatkan hasil belajar anak didik, (2) melalui siklus tindakan pembelajaran melalui media roda putar dapat meningkatkan motivasi belajar anak didik, (3) melalui siklus pembelajaran dengan menggunakan media roda putar dapat meningkatkan hasil belajar anak didik. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, maka peneliti rekomendasikan : (1) tujuan penggunaan media roda putar adalah untuk meningkatkan kemampuan berhitung pada anak didik. Oleh karena itu guru sebagai pelaksana pembelajaran yang mendukung terciptanya suasana belajar yang menyenangkan, (2) guru masih perlu mengembangkan lagi, apakah media roda putar dapat digunakan untuk pengembangan lain. Selain pengembangan kemampuan berhitung khususnya pada anak usia dini.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-01-31

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI