Meningkatkan Kemampuan Menyebut Angka Melalui Permainan Ular Tangga pada Anak Didik Kelompok B TK Dharma Wanita 02 Tanggulwelahan Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015
Author (Penulis)
NUR MUALIFAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.11.0409P
Abstract
ABSTRAK
NUR MUALIFAH. Meningkatkan Kemampuan Menyebut Angka Melalui Permainan Ular Tangga pada Anak Didik Kelompok B TK Dharma Wanita 02 Tanggulwelahan Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015, Skripsi, PG PAUD, FKIP UNP Kediri, 2015.
Kata Kunci : kemampuan menyebut angka, permainan ular tangga
Penelitian dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa dalam proses pembelajaran perkembangan kognitif dalam menyebut angka, guru tidak menggunakan media atau permainan yang menarik bagi anak didik. Akibatnya anak didik masih sering salah dalam menyebut angka, sehingga kemampuan menyebut angka menjadi rendah.
Permasalahan penelitian ini adalah apakah permainan ular tangga dapat meningkatkan kemampuan menyebut angka pada anak didik kelompok B TK Dharma Wanita 02 Tanggulwelahan Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung semester dua tahun pelajaran 2014/2015?
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak didik kelompok B Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita 02 Tanggulwelahan Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung semester dua tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, satu siklus terdiri dari satu pertemuan, menggunakan Rencana Kerja Mingguan (RKM), Rencana Kerja Harian (RKH) dan lembar observasi aktivitas anak didik dan guru.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah tindakan pembelajaran melalui permainan ular tangga ini dapat meningkatkan kemampuan menyebut angka pada anak didik kelompok B TK Dharma Wanita 02 Tanggulwelahan Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung semester dua tahun pelajaran 2014/2015. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan hasil belajar anak didik dengan menggunakan permainan ular tangga mulai dari siklus I sampai dengan siklus III dengan persentase siklus I sebesar 70%, siklus II sebesar 80%, dan siklus III sebesar 95%.