MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA PAPAN FLANEL PADA ANAK KELOMPOK B TK PKK KEBONAGUNG KECAMATAN SAWAHAN KABUPATEN NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2016 - 2017


Author (Penulis)

ACIK WARSINI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0396

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan peneliti di TK PKK Kebonagung Kecamatan Sawahan Kabupaten Nganjuk. Berdasarkan observasi awal tersebut diketahui bahwa kemampuan membaca permulaan Pada Anak Kelompok B TK PKK Kebonagung Kecamatan Sawahan Kabupaten Nganjuk masih relatif rendah. Untuk itu peneliti termotivasi untuk melakukan penelitian guna meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak dengan judul penelitian “Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Papan flanel Pada Anak Kelompok B TK PKK Kebonagung Kecamatan Sawahan Kabupaten Nganjuk Tahun Ajaran 2016/2017. Subyek dalam penelitian adalah anak kelompok B TK PKK Kebonagung Kecamatan Sawahan Kabupaten Nganjuk yang berjumlah 14 anak terdiri dari 6 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Penelitian ini dilakukan dalam dua Siklus yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan pada tindakan siklus I kemampuan belajar anak mencapai 53% dan pada tindakan Siklus II ketuntasan belajar anak meningkat menjadi 86%. Maka dapat disimpulkan bahwa media papan flanel dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok B TK PKK Kebonagung Kecamatan Sawahan Kabupaten Nganjuk.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-18

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 09 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI