MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI PERMAINAN KUDA BERBISIK PADA ANAK KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK DHARMA WANITA TANJUNGSARI , KECAMATAN KARANGREJO , KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

RUSMIATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0393P

Abstract

Abstrak RUSMIATI : MeningkatkanKemampuanBerbicaraMelaluiPermainanKudaBerbisikPadaanakkelompokB TK Dharma WanitaTanjungsariKecamatanKarangrejoKabupatenTulungagungTahunPelajaran 2014 /2015 Kata Kunci : Kemampuan Berdicara, Kuda berbisik. Tujuandaripenelitianpengembangankemampuansecaraumumadalahuntukmeningkatkankemampuanberbicara.MelaluiPermainanKudaBerbisik, PadaAnakKelompok B TK DharmaWanitaTanjungsariKecamatanKarangrejoKabupatenTulungagung. Karenaselamaini yang terjadianak-anaklemahdalammengucapkan kata-kata denganjelas.Hal iniadalahsalahsatuupayapeningkatankemampuanberbicaraanakdalamkeberanianmengungkapkan kata ataubunyi-bunyiuntukmengespresikandanmenyampaikangagasan, pikiranatauperasaan, berbicaramenjadisalahsatualat agar dapatberkomunisasidenganbaik. PermasalahandaripenelitianinimenggunakanPenelitianTindakanKelas ( PTK ) dengansubyekpenelitiananakkelompok B TK TanjingsariKecamatanKarangrejoKabupatenTulungagung.Penelitian di laksanakandalam 2 siklu, menggunakan instrument berupa RKM, RKH, LembarObservasiAktifitasAnak, LembarObservasiAktifitas Guru. HasilpenelitianmenghasilkankesimpulandalampenelitianadalahmelaluiPermainanKudaBerbisikdalampembelajarandapatmeningkatkankemampuanberbicarapadaanakKelompok B TK Dharma WanitaTanjungsariKecamatanKarangrejoKabupatenTulungagung.Hal inidapatdilihatdarihasilpenilaianobservasikemampuanberbicarapadasiklus I 45%.Untuksiklus III hasilpenilaianobservasikemampuanberbicaraanakmengalamipeningkatansebesar 80%. Dari hasiltersebutdapatdikategorikankegiatanpembelajaranmencapaiketuntasan.Selama proses kegiatanpembelajaranberlangsunginteraksiantara guru dengananakdapatditingkatkandenganmemberimotivasidanpujiansertadenganpembinaanuntukmengungkapkan kata-kata denganberbicaralancar, sesuaitemapembelajaran, halinibertujuan agar proses kegiatanpembelajarandapatmenciptakansuasana yang menyenangkandanmemudahkanpengembangankemampuanberbicaraanakdalampermainankudaberbisik

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-07

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI