PENERAPAN METODE BERCAKAP-CAKAP TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA ANAK DIDIK KELOMPOK B DI TK PERTIWI 2 PUTUKREJO KECAMATAN LOCERET KABUPATEN NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
PURWANINGSIH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.11.0392P
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kemampuan bicara anak ternyata masih kurang. Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya kemampuan anak didik dalam berbicara, media pembelajaran dalam konsep pembelajaran yang kurang bervariasi.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah peranan bercakap-cakap terhadap kemampuan berbicara anak didik kelompok B TK Pertiwi 2 Putukrejo Kecamatan Loceret, Kabupaten Nganjuk. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu umtuk mendapatkan data dan informasi tentang penerapan metode bercakap-cakap untuk mengetahui tentang perkembangan kemampuan berbicara anak dan mengetahui ada tidaknya perbedaan dalam penggunaan metode bercakap-cakap dalam kegiatan belajar anak.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK), dengan subjek penelitian kelompok B TK Pertiwi 2 Putukrejo Kecamatan Loceret, Kabupaten Nganjuk yang berjumlah 20 anak. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi anak dan guru, RKM, RKH, dan hasil penelitian.
Hasil penelitian ini adalah melalui metode bercakap-cakap dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan bahasa anak dalam berbicara pada anak kelompok B TK Pertiwi 2 Putukrejo Kecamatan Loceret Kabupaten Nganjuk. Hal ini terbukti dari hasil analisis data pada siklus I sebesar 60%, dan mengalami peningkatan yang sangat signifikan pada siklus II menjadi 85%. Sehingga hipotesis tindakan dalam penelitian diterima.
Kata kunci : Penerapan metode bercakap-cakap,berbicara anak TK.