MENINGKATKAN KEMAMPUAN FISIK MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN FINGER PAINTING PADA ANAK KELOMPOK A TK PERTIWI SOMBRON KECAMATAN LOCERET KABUPATEN NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

NANING MARTANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0388P

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman penelitian, bahwa kemampuan motorik halus anak dalam kegiatan finger painting ternyata masih kurang. Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangya minat anak didik dalam kegiatan finger painting yang dikarenakan anak belum banyak mengenal kegiatan finger painting dalam kehidupan sehari-hari. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah penerapan media pasta dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak dalam kegiatan finger panting di Kelompok A TK Pertiwi Sombron Kecamatan Loceret Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2014/2015?” Tujuan dalam penelitian ini adalah memperoleh data tentang kemampuan mengenal finger painting, menerapkan penggunaan media pasta dalam kegiatan finger painting, mengumpulkan data tentang kemampuan motorik halus anak dalam kegiatan finger painting, mengetahui ada tidaknya perbedaan kegiatan finger painting antara waktu sebelum dan sesudah tindakan pada kelompok A di TK Pertiwi Sombron Kecamatan Loceret Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK), dengan subyek penelitian kelompok A TK Sombron Kecamatan Loceret Kabupaten Nganjuk yang berjumlah 13 anak. Penelitian ini dilakukan dalam 3 siklus, setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi anak dan guru, RKM, RKH dan hasil penilaian. Hasil penilaian ini adalah melalui penerapan media pasta dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak dalam kegiatan finger painting pada anak kelompok A TK Pertiwi Sombron Kecamatan Loceret Kabupaten Nganjuk. Hal ini terbukti dari hasil analisis data pada siklus I sebesar 55,7 %, meningkat pada siklus II menjadi 59,6 % dan mengalami peningkatan yang sangat signifikan pada siklus III sebesar 88,46 % sehingga hipotesis tindakan dalam penelitian diterima. Kata Kunci : Kemampuan fisik motorik halus, finger painting

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI