MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN PADA KELOMPOK B TK PERTIWI 1 NGRONGGOT KECAMATAN NGRONGGOT KABUPATEN NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

SOFIATUN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0387P

Abstract

Berbicara harus diajarkan mulai dari usia dini. Akan tetapi sangat sulit untuk memotivasi anak-anak untuk mengembangkan kemampuan berbicara. Oleh karena itu, seorang guru memerlukan cara atau metode untuk membuat anak didiknya aktif berbicara.bermain peran adalah salah satu caranya. Berdasarkan latar belakang masalah penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa khususnya pada kemampuan berbicara dengan metode bermain peran di TK Pertiwi 1 Ngronggot, Kecamatan Ngronggot, Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2014-2015. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK Pertiwi 1 Ngronggot. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak didik kelompok B TK Pertiwi 1 Ngronggot. Penelitian dilaksanakan 2 siklus, menggunakan instrumen berupa RKM, RKH, Lembar Observasi Aktivitas Siswa, Lembar Observasi Aktivitas Guru. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Melalui siklus tindakan pembelajaran dapat ditemukan langkah-langkah yang efektif penetapan kegiatan bermain peran untuk mengembangkan kemampuan berbicara anak. (2) Melalui siklus tindakan pembelajaran kegiatan bermain peran terbukti dapat mengembangkan kemampuan berbicara anak.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI