PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AWAL MENGGUNAKAN MEDIA KARTU HURUF PADA KELOMPOK A1 TK MUSLIMAT NU KHADIJAH I LOCERET KABUPATEN NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2014 – 2015
Author (Penulis)
MUTMAINAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.11.0385P
Abstract
PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AWAL MENGGUNAKAN MEDIA KARTU HURUF PADA KELOMPOK A1 TK MUSLIMAT NU KHADIJAH I LOCERET KABUPATEN NGANJUK
TAHUN PELAJARAN 2014 – 2015
MUTMAINAH
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusantara PGRI Kediri
Jl. K.H. Achmad Dahlan No. 76 Kediri 64112 Telp. (0354) 776706
ABSTRAK
Anak usia dini disebut usia emas atau golden age, masa-masa tersebut merupakan masa kritis dimana seseorang anak membutuhkan rangsangan yang tepat untuk mencapai kematangan yang sempurna. Tingkat pencapaian perkembangan anak menggambarkan tentang pertumbuhan dan perkembangan yang dicapai anak berlangsung secara berurutan dan berkesinambungan. Setiap anak diharapkan perkembangan secara optimal, maka diperlukan pendidikan yang memberikan rangsangan dan layanan terhadap aspek perkembangan motorik, kognitif, bahasa, emosional serta pemahaman agama dan moralnya.
Dalam penelitian ini penulis merumuskan “apakah penggunaan media kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan membaca dalam pengenalan huruf dan kata pada anak kelompok A1 TK Muslimay NU Khadijah I Desa Loceret Kecamatan Loceret Kabupaten Nganjuk.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian kelompok A1 dengan jumlah 15 anak, penelitian ini menggunakan tiga siklus.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini peneliti menggunakan dua media yaitu: Observasi dan Dokumentasi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan anak dalam pengenalan huruf dan kata, dan sangat menarik untuk memotivasi anak untuk lebih aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.
Perolehan prosentase siklus I sebesar 51,6%. Angka ini belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal, sehingga masih memerlukan penanganan siklus lebih lanjut. Pada siklus II, perolehan prosentase rata-rata kemampuan membaca sebesar 63,33%, sehingga kemampuan membaca anak dikategorikan baik, namun belum dikatakan tuntas, maka masih memerlukan penanganan siklus lebih lanjut. Pada siklus III, perolehan prosentase rata-rata kemampuan membaca sebesar 87,5%. Angka ini melebihi kriteria minimal yang telah ditentukan, yaitu 75%.
Setelah peneliti menyimpulkan dari hasil observasi, agar mendapatkan hasil yang maksimal dalam mencapai tujuan pembelajaran yang lebih efektif lagi, disarankan (1) sebagai modal dasar berbahasa yang akan berguna bagi kehidupan anak nanti, tidak ada salahnya apabila permainan kartu huruf ini dicoba pada aktifitas dan konsentrasi dengan bahan dan metode yang lain pula, sehingga penggunaan media dan permainan yang beragam dapat meningkatkan motivasi dan konsentrasi anak dalam belajar, (2) bagi orang tua tidak hanya menuntut anak untuk pandai dalam pembelajaran membaca semata, tetapi juga potensi kreatifitas anak.
Kata Kunci: Kemampuan membaca awal, menggunakan media kartu huruf.