MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI PERMAINAN ULAR TANGGA PADA ANAK-ANAK KELOMPOK A PAUD PERMATA BUNDA NGEPOH KABUPATEN TULUNGAGUNG
Author (Penulis)
PURWENI WIJI ASTUTIK
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.11.0384
Abstract
Rendahnya kemampuan anak di Kelompok A PAUD Permata Bunda tahun ajaran 2016/2017 terutama kemampuan kognitif dalam berhitung sering dijumpai karena pembelajaran berpusat pada guru, media kurang bervariasi dan metodenya membuat anak bosan dan tidak antusias pada anak untuk ikut aktif didalam kelas.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dapat tidaknya mengembangkan kemampuan berhitung melalui permainan ular tangga pada anak kelompok A PAUD Permata Bunda Ngepoh Kabupaten Tulungagung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah anak-anak kelompok APAUD Permata Bunda Ngepoh Kabupaten Tulungagung tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 21 anak.Kesimpulan: pembelajaran melalui permainan ular tangga terbukti dapat meningkatkan kemampuan berhitung pada anak kelompok A di PAUD Permata Bunda Ngepoh Kabupaten Tulungagung Tahun pelajaran 2016/2017”. Hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian pada Pra tindakan ketuntasan belajar anak 24%, meningkat pada siklus I taraf ketuntasan belajar anak didik mencapai 48%, meningkat pada siklus II menjadi 62%, dan pada siklus III taraf ketuntasan belajar anak didik mencapai 86%.