MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM PENGENALAN BENTUK DAN WARNA MENGGUNAKAN MEDIA GEOMETRI PADA ANAK KELOMPOK B-1 TK MUSLIMAT NU KHADIJAH V DESA NGLABAN KECAMATAN LOCERET KABUPATEN NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2014-2015
Author (Penulis)
NISFINA WAHYUNI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.11.0383P
Abstract
ABSTRAK
Anak usia dini disebut usia emas atau golden age, masa-masa tersebut merupakan masa kritis dimana seseorang anak membutuhkan rangsangan yang tepat untuk mencapai kematangan yang sempurna. Tingkat pencapaian perkembangan anak menggambarkan tentang pertumbuhan dan perkembangan yang dicapai anak berlangsung secara berurutan dan berkesinambungan. Setiap anak diharapkan perkembangan secara optimal, maka diperlukan pendidikan yang memberikan rangsangan dan layanan terhadap aspek perkembangan motorik, kognitif, bahasa, emosional, serta pemahaman agama dan moralnya.
Dalam penelitian ini penulis merumuskan, “apakah penggunaan media geometri dapat meningkatkan kemampuan kognitif dalam pengenalan bentuk dan warna pada anak kelompok B-1 Tk Muslimat Khadijah V Desa Nglaban Kecamatan Loceret Kabupaten Nganjuk?”.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian kelompok B-1 dengan jumlah 15 anak, penelitian ini menggunakan tiga siklus.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini peneliti menggunakan dua media yaitu : Observasi, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media geometri dapat meningkatkan kemampuan anak dalam pengenalan bentuk dan warna, dan sangat menarik untuk memotivasi anak untuk lebih aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.
Hasil penelitian ini adalah melalui penerapan media geometri dalam pembelajaran dapat menigatkan kemampuan kognitif anak dalam mengenal bentuk dan warna pada kelompok B-1 TK Muslimat Nu Khadijah V Desa Nglaban Kecamatan Loceret Kab. Nganjuk. Hal ini terbukti dari hasil analisis data pada siklus 1 sebesar 50% meningkat, siklus II sebesar 71% dan mengalami peningkatan yang sangat signifikan pada siklus III sebesar 80%. Sehingga hipotesis tidakan dalam penelitian diterima.
Kata kunci : kemampuan kognitif, bentuk dan warna, media geometri