MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI MELALUI KEGIATAN MENCETAK GETHUK SINGKONG PADA ANAK KELOMPOK B TK PGRI 03 WINONG KECAMATAN KALIDAWIR KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

ENDANG MURTININGSIH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0382

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan anak-anak kelompok B TK PGRI 3 Winong dalam mengenal bentuk geometri masih rendah. Hal ini berdasarkan data yang menunjukkan dari 14 anak didik, 4 anak mendapatkan nilai bintang tiga 2 anak mendapatkan nilai bintang empat dan sisanya yaitu 7 anak mendapatkan nilai bintang satu dalam mengenal bentuk geometri. Rendahnya kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak Kelompok B di TK PGRI 03 Winong Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung disebabkan karena penggunaan media pembelajaran yang digunakan terbatas, guru hanya mengenalkan dua macam bentuk geometri saja yaitu bentuk segi empat dan lingkaran.Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan kemampuan mengenal bentuk-bentuk geometri melalui kegiatan mencetak gethuk singkong pada anak Kelompok B TK PGRI 03 Winong Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2016/2017.Tujuan penelitian ini adalah memperoleh data untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan mengenal bentuk geometri melalui kegiatan mencetak dengan media gethuk singkong anak kelompok B TK PGRI 3 Winong Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2016/2017 antara waktu sebelum dan sesudah dilakukan tindakan.Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian 14 anak kelompok B TK PGRI 03 Winong Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung. Penelitian ini dilaksanakan dalam III siklus menggunakan instrumen berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian, lembar observasi guru dan lembar penilaian unjuk kerja anak. Pembelajaran melalui kegiatan mencetak gethuk singkong terbukti dapat meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri anak kelompok B TK PGRI 03 Winong Kecamatan Kalidawir tahun pelajaran 2016/2017. Hal ini dapat dilihat dari persentase ketuntasan belajar kemampuan mengenal bentuk geometri dalam menyebutkan bentuk geometri dengan benar mulai dari pra siklus yang hanya mencapai 14,2%., pada akhir siklus I mencapai 28,6% kemudian meningkat pada siklus II menjadi 64,3%, dan pada akhir siklus III hampir semua anak termasuk dalam kategori tuntas dengan persentase 85,7%.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-21

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 11 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI