MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENJUMLAHKAN BILANGAN 1-20 MENGGUNAKAN MEDIA MANIK-MANIK SEDOTAN PADA ANAK KELOMPOK B TK DHARMA WANITA PUNJUL II TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
ENDAH PURWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.11.0378P
Abstract
Abstrak
EndahPurwati : Meningkatkan KemampuanMenjumlahkanBilangan 1-20 Menggunakan Media Manik-manikSedotanpadaAnakKelompok B TK Dharma WanitaPunjul II TulungagungTahunPelajaran 2014/2015, Skripsi, PG-PAUD, FKIP UNP Kediri, 2015.
Kata kunci : Menjumlahkan bilangan 1-20, media manik-manik sedotan
Penelitianinidilatarbelakangihasilpengamatandanpengalamanpeneliti, bahwapembelajarankognitifterutamadalamhalpenjumlahanbilangan 1-20 padakelompok B masihbelumberkembangsecaramaksimal.Hal tersebut Nampak dariminatanakdalamaspekpenjumlahanbilangan 1-20 masihlemah, proses belajardanpembelajaran di kelas yang dilakukan guru belumberjalan optimal, media pembelajaran yang digunakankurangmenarikbagianak.
PermasalahanpenelitiadalahApakahpenggunaan media manik-maniksedotandapatmeningkatkankemampuanmenjumlahkanbilangan 1-20 padaanakkelompok B?
PenelitianinimenggunakanpendekatanPenelitianTindakanKelas (PTK) dengansubyekpenelitiananakkelompok B TK Dharma WanitaPunjul II Tulungagung.Penelitianinidilaksanakandalamduasiklus, menggunakan instrument berupa RKM, RKH, LembarPenilaian, Penugasan, LembarObservasisiswadanlembarobservasi guru dalampembelajaran.
Kesimpulanhasilpenelitianiniadalahdenganmenggunakan media manik-maniksedotandapatmeningkatkankemampuanmenjumlahkanbilangan
1-20 padaanakkelompok B.
Berdasarkansimpulanhasilpenelitianini, direkomendasikan : (1) Tujuanpenggunaan media manik-maniksedotanadalahuntukmeningkatkankemampuanmenjumlahkanbilangan 1-20, olehsebabitu guru sebagaipelaksanapembelajaranharusmengutamakan proses yang mendukungterciptanyakemampuanmenjumlahkanbilangan yang optimal. (2) Guru masihperlumenelititerus – menerusuntukmembuktikanapakah media manik-maniksedotansesuaidenganseluruhkarakteristikmateridankarakteristiksiswa