MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENJUMLAHKAN BILANGAN 1-20 MENGGUNAKAN MEDIA MANIK-MANIK SEDOTAN PADA ANAK KELOMPOK B TK DHARMA WANITA PUNJUL II TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

ENDAH PURWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0378P

Abstract

Abstrak EndahPurwati : Meningkatkan KemampuanMenjumlahkanBilangan 1-20 Menggunakan Media Manik-manikSedotanpadaAnakKelompok B TK Dharma WanitaPunjul II TulungagungTahunPelajaran 2014/2015, Skripsi, PG-PAUD, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata kunci : Menjumlahkan bilangan 1-20, media manik-manik sedotan Penelitianinidilatarbelakangihasilpengamatandanpengalamanpeneliti, bahwapembelajarankognitifterutamadalamhalpenjumlahanbilangan 1-20 padakelompok B masihbelumberkembangsecaramaksimal.Hal tersebut Nampak dariminatanakdalamaspekpenjumlahanbilangan 1-20 masihlemah, proses belajardanpembelajaran di kelas yang dilakukan guru belumberjalan optimal, media pembelajaran yang digunakankurangmenarikbagianak. PermasalahanpenelitiadalahApakahpenggunaan media manik-maniksedotandapatmeningkatkankemampuanmenjumlahkanbilangan 1-20 padaanakkelompok B? PenelitianinimenggunakanpendekatanPenelitianTindakanKelas (PTK) dengansubyekpenelitiananakkelompok B TK Dharma WanitaPunjul II Tulungagung.Penelitianinidilaksanakandalamduasiklus, menggunakan instrument berupa RKM, RKH, LembarPenilaian, Penugasan, LembarObservasisiswadanlembarobservasi guru dalampembelajaran. Kesimpulanhasilpenelitianiniadalahdenganmenggunakan media manik-maniksedotandapatmeningkatkankemampuanmenjumlahkanbilangan 1-20 padaanakkelompok B. Berdasarkansimpulanhasilpenelitianini, direkomendasikan : (1) Tujuanpenggunaan media manik-maniksedotanadalahuntukmeningkatkankemampuanmenjumlahkanbilangan 1-20, olehsebabitu guru sebagaipelaksanapembelajaranharusmengutamakan proses yang mendukungterciptanyakemampuanmenjumlahkanbilangan yang optimal. (2) Guru masihperlumenelititerus – menerusuntukmembuktikanapakah media manik-maniksedotansesuaidenganseluruhkarakteristikmateridankarakteristiksiswa

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-07

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI