MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN FINGER PAINTING PADA ANAK PAUD KARTINI DESA JOGOMERTO KECAMATAN TANJUNGANOM KABUPATEN NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
KHOIRIYAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.11.0372P
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran finger painting di PAUD masih di dominasi aktivitas klasikal dengan dominasi pada peran guru yang menggunakan metode dan media yang kurang menarik minat anak didik selain itu kurangnya pengetahuan anak tentang finger painting serta prasarana yang belum memadai. Akibatnya suasana kelas monoton, pasif, dan membosankan bagi anak. Hal tersebut nampak dari motivasi belajar anak yang rendah yang pada akhirnya perkembangan kemampuan motorik halusnya pun juga rendah.
Permasalahan peneliti ini adalah (1) Bagaimanakah penerapan kegiatan finger painting untuk mengembangkan kemampuan motorik halus anak? (2) Apakah penggunaan metode oleh guru dapat mengembangkan kemampuan motorik halus anak dalam kegiatan finger painting? (3) Apakah penerapan finger painting dapat mengembangkan hasil karya belajar anak?
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak didik kelompok bermain PAUD KARTINI Desa Jogomerto. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrument berupa RKM, RKH, lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi aktivitas guru.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Melalui siklus tindakan pembelajaran dapat ditemukan langkah-langkah yang efektif penerapan kegiatan finger painting untuk mengembangkan motorik halus anak. (2) Melalui siklus tindakan pembelajaran kegiatan finger painting terbukti dapat mengembangkan motorik halus. (3) Melalui siklus tindakan pembelajaran kegiatan finger painting terbukti dapat mengembangkan kreatifitas seni anak
Kata kunci : kemampuan motorik halus, finger painting, anak PAUD.