MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBILANG 1-10 MELALUI PERMAINAN KARTU GAMBAR PADA ANAK KELOMPOK A TK PGRI KARANGTALUN KECAMATAN KALIDAWIR KABUPATEN TULUNGAGUNG
Author (Penulis)
TRI RETNOWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.11.0368P
Abstract
Abstrak
Tri Retnowati :MeningkatkanKemampuanMembilang 1-10 MelaluiPermainanKartuGambarPadaAnakKelompok A TK PGRI KarangtalunKecamatanKalidawirKabupatenTulungagung, Skripsi, PG PAUD UNP Kediri, 2015.
Kata kunci :Kemampuan Membilang 1-10, Permainan Kartu Gambar
Penelitianinidilatarbelakangihasilpengamatandanpengalamanpeneliti, bahwapembelajarankemampuanmembilanganak di Taman Kanak-Kanakmasihrendah.Hal initerlihatanakbelummampumembilang / menyebuturutanbilangan 1-10 denganbenda.
Permasalahanpenelitianiniadalahapakahpenerapanpermainankartugambardapatmeningkatkankemampuanmembilang 1-10 padaanakkelompok A TK PGRI KarangtalunKecamatanKalidawirKabupatenTulungagungTahun 2014/2015 ?
Penelitianinimenggunakanpendekatanpenelitiantindakankelas (PTK) dengansubyekpenelitiansiswakelompok A Taman Kanak-Kanak PGRI KarangtalunKecamatanKalidawirKabupatenTulungagung.Penelitiandilaksanakan 3 siklusmenggunakan instrument berupa RKM, RKH, LembarObservasi guru dananak, lembarpenilaiankemampuanmembilanganak.
Kesimpulanhasilpenelitianiniadalahpenerapanpermainankartugambardalampembelajarandapatmeningkatkankemampuanmembilang 1-10 anakkelompok A TK PGRI KarangtalunKecamatanKalidawirKabupatenTulungagung.
Berdasarkanhasilsimpulanhasilpenelitianini, direkomendasikan: (1) Guru hendaknyamelakukanupayapengembangankemampuanmembilang 1-10 denganmencobamelakukanpermainankartugambar. (2) Bagi orang tuasiswamengingatpembuatankartugambarsangatmudahmakadisarankankepada orang tuauntukmemilikiataumembuatkartugambarsehinggabisadigunakananakbelajar di rumah. (3) Bagikepalasekolahmengingat media kartugambarsangatpentingkeberadaannyamakadisarankankepadakepalasekolahuntukmengadakanpengadaankartugambar di sekolah.