MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MEMBILANG ANGKA 1-10 MELALUI KEGIATAN LAGU ANGKA (GUANG) PADA ANAK KELOMPOK A TK DHARMA WANITA II DESA MACANAN KECAMATAN LOCERET KABUPATEN NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

SITI MAISAROH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0366

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran kemampuan kognitif membilang angka 1-10 di TK Dharma Wanita II Desa Macanan masih rendah. Akibatnya anak-anak kurang minat dalam kegiatan membilang angka 1-10 dan menganggap pembelajaran tersebut sulit. Permasalahan peneliti ini "Apakah melalui kegiatan guang dapat meningkatkan kemampuan kognitif membilang angka 1-10 di TK Dharma II Desa Macanan Kecamatan Loceret Kabupaten Nganjuk? Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak kelompok A TK Dharma Wanita II Desa Macanan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, menggunakan insrtumen berupa, lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi aktivitas guru dan tes hasil belajar siswa. Persentase keberhasilan kemampuan membilang angka 1-10 pada pratindakan sebanyak 48,75%, siklus I sebanyak 62,5% sedangkan pada siklus II sebanyak 88,75%. Maka dapat disimpulkan bahwa melalui kegiatan guang dapat mengembangkan kemampuan kognitif membilang angka 1-10 pada anak kelompok A TK Dharma Wanita II Desa Macanan Kecamatan Loceret Kabupaten Nganjuk tahun pelajaran 2016/2017.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-21

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 12 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI