MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERCERITA MENGGUNAKAN MEDIA WAYANG BINATANG DI KELOMPOK B TK PERTIWI I KALIANYAR KECAMATAN NGRONGGOT KABUPATEN NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

SITI ZAENAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0362P

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan peneliti terhadap kemampuan bercerita anak kelompok B di TK Pertiwi I Kalianyar yang masih sangat rendah. Dari 20 anak di kelompok B, terdapat 13 anak yang kurang mampu dalam kegiatan bercerita, sedangkan 7 diantaranya sudah mau memberikan umpan yang positif. Banyak anak yang masih belum aktif dan kurang antusias dalam kegiatan bercerita. Hal ini dikarenakan belum adanya media yang menarik perhatian sebagai penunjang kegiatan bercerita, guru hanya menggunakan media buku cerita dalam kegiatan bercerita setiap harinya. Berkaitan dengan itu, maka diperlukan adanya media baru selain buku cerita yang lebih menarik guna meningkatkan kemampuan bercerita anak yakni media wayang binatang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah penerapan penggunaan media wayang binatang dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan bercerita anak? Untuk menjawab rumusan masalah tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian 20 anak kelompok B TK Pertiwi I Kalianyar, Kecamatan Ngronggot, Kabupaten Nganjuk. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, menggunakan instrumen penelitian berupa Rencana Kegiatan Mingguan, Rencana Kegiatan Harian, instrumen penilaian unjuk kerja anak dalam kegiatan bercerita, dan lembar observasi guru. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah penggunaan media wayang binatang dalam pembelajaran mampu meningkatkan kemampuan bercerita anak di TK Pertiwi I Kalianyar, Kecamatan Ngronggot, Kabupaten Nganjuk. Pemberian tindakan pada siklus I menunjukkan peningkatan kemampuan bercerita anak sebesar 25%. Pemberian tindakan pada siklus II menunjukkan peningkatan kemampuan bercerita anak sebesar 27,5%, dengan prosentase rata-rata kemampuan bercerita anak perolehan terakhir sebesar 88,75%. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, disarankankan: (1) pada guru agar mengerti dan memahami berbagai metode, teknik, media khususnya pada saat kegiatan bercerita menggunakan media wayang binatang. (2) pada orang tua agar lebih memperhatikan setiap bakat potensi dan kemampuan yang dimiliki anak tidak hanya potensi akademik semata. Tetapi juga pada potensi kreativitas anak dengan diterapkannya kegiatan kreativitas di rumah dengan suasana yang menyenangkan

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI