MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI METODE BERCERITA DENGAN MEDIA CELEMEKCERITA PADA KELOMPOK B TK DHARMA WANITA GANDONG TAHUN AJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

RUSMINI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0360P

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pelajaran pengembangan bahasa khususnya berbicara dengan media celemek masih didominasi pada pelajaran klasikal dengan dominasi peran guru. Akibatnya suasananya monoton, pasif, dan membosankan.Hal tersebut nampak dari motivasi belajar anak didik yang rendah yang pada akhirnya hasil belajarnyapun rendah. Permasalahan penelitian ini adalah (1) bagaimanakah penerapan pembelajaran dengan menggunakan media celemek untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar, (2) apakah penerapan pembelajaran dengan menggunakan media celemek dapat meningkatkan motivasi belajar anak didik, (3) apakah penerapan pembelajaran dengan menggunakan media celemek dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif dengan subyek penelitian anak didik di TK DHARMA WANITA GANDONG, Kecamatan Bandung, Kabupaten Tulungagung sejumlah 20 anak didik.Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen berupa RKH, lembar penilaian anak didik, lembar observasi anak didik dan guru. Kesimpulan hasil penelitian adalah (1) melalui siklus tindakan pembelajaran media celemek dapat ditemukan langkah-langkah yang dapat meningkatkan motivasi belajar berbicara pada anak didik dan meningkatkan hasil belajar anak didik, (2) melalui siklus tindakan pembelajaran melalui media celemek dapat meningkatkan motivasi belajar anak didik, (3) melalui siklus pembelajaran dengan menggunakan media celemek dapat meningkatkan hasil belajar anak didik. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, maka peneliti rekomendasikan : (1) Tujuan pokok penggunaan media celemek adalah untuk mengembangkan kemampuan berbicara pada anak didik. Oleh karena itu guru sebagai pelaksana pembelajaran harus mengutamakan proses pembelajaran yang mendukung terciptanya suasana belajar yang menyenangkan, (2) Guru masih perlu mengembangkan lagi, apakah media celemek dapat digunakan untuk pengembangan lain. Selain pengembangan kemampuan berbicara khususnya pada anak usia dini.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-07

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI