Meningkatkan Kemampuan Permulaan Membaca Melalui Media Kartu Bergambar pada Anak Didik Kelompok B TK Negeri Pembina Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015


Author (Penulis)

ATIK TARBIYAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0358P

Abstract

ABSTRAK Atik Tarbiyah: Meningkatkan Kemampuan Permulaan Membaca Melalui Media Kartu Bergambar pada Anak Didik Kelompok B TK Negeri Pembina Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015’ Kata Kunci : Kemampuan bahasa, membaca kartu gambar. Anak usia dini memerlukan banyak sekali informasi untuk mengisi pengetahuannya agar siap menjadi manusia sesungguhnya. Dalam hal ini membaca merupakan cara untuk mendapatkan informasi karena pada saat membaca maka seluruh aspek kejiwaan manusia terlibat dan ikut serta bergerak. Kemampuan membaca anak usia dini umumnya masih relatif kurang karena pedidikan usia dini merupakan awal atau permulaan anak belajar membaca. Anak usia dini umumnya enggan untuk membaca sesuatu yang bersifat abstrak. Seperti halnya yang terjadi pada anak kelompok B TK Negeri Pembina Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung. Kemampuan membaca pada anak masih rendah. Pada saat kegiatan pembelajaran, anak merasa bosan karena metode yang sama dan monoton. Proses pembelajaran yang kurang menarik dan bervariasi menjadikan minat anak akan membaca masih rendah. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan media kartu gambar untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar anak didik? (2) Apakah penerapan media kartu bergambar dapat meningkatkan motivasi belajar anak didik? (3) Apakah penerapan media kartu gambar dapat meningkatkan kemampuan membaca anak didik? Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari tiga siklus. Pada tiap siklus terdapat empat tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Pada saat kegiatan pembelajaran guru menggunakan media gambar untuk meningkatkan kemampuan baca anak. Media gambar adalah media yang berupa gambar yang diserta dengan kata-kata atau kalimat dibawahnya. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Penerapan media kartu gambar dapat meningkatkan kemampuan membaca anak. (2) Dalam kegiatan membaca gambar menggunakan media kartu gambar anak dilatih untuk membaca dengan baik dan benar serta mampu menirukan bacaan yang dicontohkan oleh guru. (3) Proses pembelajaran membaca menggunakan media kartu gambar akan merangsang anak dalam mengembangkan kemampuan bahasa. Berdasarkan hasil penelitian ini direkomendasikan: (1) Tujuan pokok penggunaan media kartu gambar adalah untuk meningkatkan kemampuan permulaan membaca. Oleh sebab itu guru sebagai pelaksana pembelajaran harus mengutamakan proses yang mendukung keberhasilan pembelajaran. (2) Guru masih perlu meneliti terus menerus, untuk membuktikan apakah penggunaan media kartu gambar sesuai dengan karakteristik materi dan karakteristik anak didik.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-01-31

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI